Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Begini Perilaku Belanja Online Saat Ramadan Berdasar Riset Snapcart

Online Shopping

Topcareer.id – Berdasarkan riset yang dilakukan Snapcart soal “Tren Perilaku Belanja Online Sambut Ramadhan 2023” bahwa 98 persen responden tertarik untuk belanja online guna memenuhi kebutuhan selama bulan Ramadan.

Pada survei yang dilakukan pada 3 bulan terakhir tersebut, 4 faktor pertimbangan responden untuk memilih platform e-commerce untuk berbelanja online selama bulan Ramadan, yakni Gratis Ongkir (71%), Menyediakan Metode Pembayaran COD (37%), Program Ramadan yang Menarik (36%) dan Keseruan Livestream dengan Penjual (16%).

Berikut ini beberapa perilaku konsumen dalam berbelanja online sambut bulan Ramadan:

Gratis ongkir jadi daya tarik utama

Survei ini mengungkap, dari beragam promo yang ditawarkan e-commerce selama bulan Ramadan, 85% responden memilih Gratis Ongkir sebagai promosi yang paling dicari untuk Ramadan nanti, diikuti dengan Voucher Diskon atau potongan harga (75%), Cashback (68%), Flash Sale (65%) dan Keseruan Hadiah (31%).

Dapat dikatakan, tahun ini Gratis Ongkir masih menjadi bintang dan mempengaruhi keputusan konsumen dalam pemilihan platform untuk berbelanja online. Hampir setiap pemain menghadirkan penawaran ini, tetapi Shopee menduduki posisi pertama sebagai e-commerce yang menawarkan promo gratis ongkir terbaik (62%), memimpin jauh dari Tokopedia (20%), TikTok Shop (9%) dan Lazada (6%).

“Penawaran menarik khususnya gratis ongkir sepertinya akan selalu menjadi salah satu kunci daya tarik utama pada setiap program, khususnya di bulan Ramadan. Keunggulan Shopee dalam indikator ini dapat memperkuat posisinya sebagai destinasi belanja online yang akan dimanfaatkan masyarakat saat Ramadan nanti,” kata Astrid Wiliandry, Director Snapcart Indonesia dalam keterangan tertulis.

Lebih mudah dengan metode pembayaran COD

Astrid menyampaikan, selain transfer bank dan dompet digital, Cash on Delivery (COD) masih menjadi salah satu metode pembayaran yang menarik banyak minat konsumen.

Salah satu alasannya adalah metode pembayaran ini memberikan akses bagi mereka yang ingin berbelanja online tetapi tidak memiliki rekening bank ataupun kartu kredit.

Mengacu pada hasil survei ini, Shopee merupakan platform belanja online dengan metode pembayaran COD terbaik (60%), jauh unggul dari kompetitor terdekatnya yaitu Tokopedia (17%), TikTok Shop (12%) dan Lazada (9%).

Baca juga: Ini Bandara Terbaik Di Dunia 2023 Menurut Skytrax

Program Affiliates (Afiliasi) Buka Kesempatan Tambah Pendapatan

Tren yang sedang marak beberapa waktu terakhir ini adalah program Affiliates (afiliasi). E-commerce yang merupakan perpanjangan tangan, turut mengambil peran dan berlomba-lomba menghadirkan program afiliasi. Bukan hanya untuk memberikan keuntungan bagi penjualan produk dan pelaku usaha, tetapi juga melahirkan sebuah peluang baru.

Berbagai program seperti Shopee Affiliates Program, Lazada Affiliate Program, Tokopedia Affiliate Program dan TikTok Shop Affiliate menjadi pilihan bagi masyarakat untuk memilih peruntungannya.

Melalui survei ini, terungkap Shopee Affiliate menduduki peringkat pertama sebagai e-commerce yang memiliki program afiliasi terbaik (61%), jauh di atas Tokopedia Affiliate (20%), TikTok Affiliate (13%) dan Lazada Affiliate (4%).

Fitur inovatif temani Ramadan

Berbeda dengan hari biasa, hasil survei menunjukkan 33% responden lebih memilih untuk berbelanja di malam hari setelah berbuka puasa (antara pukul 18:00 – 24:00), diikuti oleh 23% responden yang menjadikan belanja sebagai pengisi waktu luang saat ngabuburit (16:00 – 18:00).

Lalu 21% mengaku lebih suka berbelanja di siang hari (pukul 12:30 – 15:00), 14% memanfaatkan waktu setelah sahur sambil menunggu subuh (03:00 – 06:00), dan 8% berbelanja di pagi hari (09:00 – 11:00).

Melihat kecenderungan preferensi yang bergeser, para pemain e-commerce semakin gigih menghadirkan fitur-fitur interaktif yang dapat menemani selama Ramadan. Mulai dari menghadirkan fitur live streaming, yang memberikan akses pada pengguna untuk berinteraksi secara proaktif dengan penjual hingga konten video pendek yang kreatif.

Berdasarkan hasil temuan Snapcart, 46% memilih Shopee Live sebagai fitur yang paling digunakan konsumen untuk menemani rutinitas Ramadan nanti. Diikuti Shopee Video (43%), Tokopedia Play (24%) dan Laz Live (8%).

Leave a Reply