Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 19, 2024
redaksi@topcareer.id
SekolahTren

Jangan Bingung, Simak 4 Tips Memilih Universitas dan Jurusan Kuliah

Ilustrasi jurusan kuliah yang banyak disesalkan - college.Ilustrasi jurusan kuliah yang banyak disesalkan - college.(Dok. Niche)

Topcareer.id – Memilih jurusan dan universitas yang tepat bisa menjadi tanggung jawab yang menakutkan bagi pelajar. Menurut penelitian Indonesia Career Center Network (ICCN), sebanyak 87 persen mahasiswa Indonesia merasakan ketidaksesuaian antara minat dengan jurusan yang mereka akhirnya pilih.

Sekolah berperan penting dalam membimbing siswa untuk melalui proses ini. Sekolah-sekolah dengan kurikulum Cambridge International seperti BPK Penabur International Jakarta dan Bina Bangsa School Malang menggunakan berbagai taktik untuk berbagi pengetahuan dengan siswa dan orang tua, serta meningkatkan pemahaman siswa terhadap kekuatan dan preferensi mereka sendiri.

Kedua sekolah tersebut telah berhasil mengantarkan lebih dari 95 persen siswanya ke universitas internasional terbaik seperti University of Cambridge, Waseda University, Melbourne University, University of Pennsylvania, UC Davis, UC Berkeley, RMIT, University of California, Berkeley, dan lainnya.

Lalu, apa yang dilakukan oleh kedua sekolah tersebut dengan tepat dan bagaimana siswa dapat belajar dari pendekatan mereka? Berikut empat tips untuk membantu pelajar dalam menentukan universitas yang akan mereka tuju:

1. Persiapkan lebih awal

Persiapan harus dimulai secepat mungkin karena banyak persyaratan yang perlu dipertimbangkan, termasuk mengidentifikasi minat dan bakat, serta memahami bagaimana hal-hal ini berkaitan dengan jurusan yang potensial.

Kepala Sekolah BPK Penabur International Jakarta, Belmeier Raymond, mengatakan bahwa orang tua dapat memainkan peran penting dalam mendukung siswa sejak usia dini.

“Kebanyakan orang tua tidak memikirkan pendidikan masa depan anak mereka pada periode sekolah menengah. Beberapa dari mereka masih menerapkan strategi zaman dahulu, yaitu lulus dan kemudian mencari universitas yang cocok dengan kelas yang diambil,” kata dia dalam siaran pers yang diterima Topcareer.id, Senin (20/3/2023).

2. Mengubah minat menjadi jurusan pilihanmu

BPK Penabur International percaya bahwa mengeksplorasi minat siswa dan merenungkan tujuan karir adalah bagian penting dalam memilih jurusan yang sesuai. Untuk membantu siswa memahami diri dan aspirasi mereka dengan lebih baik, mereka menyarankan siswa untuk melakukan praktik penilaian diri:

Langkah pertama, yaitu membuat daftar kekuatan dan kelemahan, kemudian menambahkan impian/cita-cita atau minat mereka dan keterampilan yang mereka miliki, dan akhirnya memutuskan jurusan, program, atau profesi sebagai hasil dari kombinasi tersebut.

Memilih jurusan yang tepat membutuhkan pemahaman yang mendalam tentang minat siswa dan kesadaran akan diri mereka sendiri.

Baca juga: Profesi Audiolog, Seperti Apa Pekerjaannya, Ya?

“Untuk sukses, kita harus berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat. Tapi itu tidak cukup. Kita juga harus menjadi orang yang tepat. Jadi sebelum memilih jurusan, pastikan Anda memeriksa empat aspek ini: minat, bakat, kepribadian, dan nilai,” kata Ina Liem, CEO Jurusanku.com, sebuah perusahaan konsultan karier dan pendidikan terkemuka di Indonesia.

3. Temukan universitas yang sesuai denganmu

Siswa harus meluangkan waktu untuk mencari informasi tentang universitas yang tidak hanya menawarkan program yang diinginkan, tetapi juga cocok untuk mereka.

BPK Penabur International menyarankan siswa mereka untuk menargetkan setidaknya 10 universitas dengan program yang dipilih, mengidentifikasi persyaratan masuk yang dapat ditemukan di situs web setiap universitas, dan mempertimbangkan rincian lain seperti lokasi, pendanaan, keselamatan, kesejahteraan, dan lainnya.

Keputusan mengenai siswa ingin belajar di universitas di dalam negeri atau luar negeri adalah faktor penting dalam proses pengambilan keputusan.

Banyak siswa memilih untuk mengambil kualifikasi yang diakui secara internasional dari Cambridge untuk menjaga pilihan mereka tetap terbuka, di mana pun mereka pergi, mereka tahu kualifikasi mereka masih akan diakui.

Siswa juga harus memanfaatkan acara kolaborasi dan pameran di pameran universitas untuk melakukan pendekatan dengan universitas yang potensial dan memperluas pemahaman mereka tentang kehidupan kampus untuk menemukan pasangan yang cocok.

4. Tingkatkan peluangmu

Setelah pelajar memutuskan jurusan yang sejalan dengan tujuan karier mereka, penting untuk mempertimbangkan bagaimana mempersiapkan diri untuk kehidupan di universitas untuk menghindari ketidaksesuaian yang telah diidentifikasi oleh penelitian ICCN.

Pelajar harus mencari saran dari konselor karier, guru, dan mentor yang dapat berbagi pengalaman mereka tentang bagaimana cara masuk ke universitas, dan bagaimana cara bertahan di universitas.

Bina Bangsa School Malang merekomendasikan agar siswa menghadiri sesi pelatihan universitas untuk memberi mereka saran tentang bagaimana cara unggul dalam proses pendaftaran universitas.

Sekolah lain seperti BPK Penabur International mendukung siswa mereka dengan program persiapan untuk membantu mengasah keterampilan yang diperlukan untuk berkembang di universitas, termasuk kelas menulis akademik yang terintegrasi dengan bahasa Inggris untuk siswa tahun pertama.

Leave a Reply