Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
LifestyleTren

Cek! Ini Lho Jenis Buah yang Cocok untuk Menu Buka Puasa

Sumber foto: FreepikSumber foto: Freepik

Topcareer.id – Saat menjalankan ibadah puasa, energi memang punya nilai penting sehingga bisa memanfaatkan momen Ramadan dengan maksimal. Selain itu, asupan protein, lemak hingga vitamin juga diperlukan. Buah-buahan merupakan sumber berbagai vitamin dan mineral serta serat pangan.

Ahli Gizi Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) Tri Kurniawati menyampaikan bahwa pemenuhan kebutuhan zat gizi harus dipenuhi selama berpuasa.

Lebih lanjut Tri menyebit vitamin dan mineral berperan dalam memelihara fungsi optimal proses metabolisme, memberi perlindungan terhadap proses oksidatif yang dapat menimbulkan radikal bebas.

“Asupan sumber bahan makanan yang penting pada saat berbuka dan memenuhi kebutuhan tubuh adalah asupan buah-buahan,” kata Tri dilansir laman resmi UM Surabaya, Kamis (23/3/2023).

Dalam penjelasannya, Tri membagikan beberapa jenis buah yang baik dikonsumsi pada saat berbuka. Menurutnya, salah satu buah yang baik dikonsumsi saat berbuka adalah buah yang memiliki rasa manis, dalam hal ini adalah buah kurma. Kurma atau madu adalah beberapa jenis makanan pembuka yang direkomendasikan.

Baca juga: 4 Cara Yang Bisa Dilakukan Dari Sekarang Biar Otak Nggak Cepat Tua

“Buah kurma asli 70% mengandung gula yang bersifat alami (sukrosa dan fruktosa), mudah diserap tubuh dan cepat menghasilkan energi sehingga bermanfaat untuk menormalkan kadar gula darah yang menurun saat puasa. Kurma juga kaya akan kalsium, zat besi, vitamin K, asam folat, serta antioksidan seperti karoten, fenolik, antosianin dan serat pangan,” papar Tri.

Tri juga mengimbau untuk menghindari buah yang mengandung gas seperti buah nangka dan durian. Ia menyebut, buah yang mengandung gas tinggi dapat menyebabkan kembung dan perut terasa penuh, sehingga akan mengurangi asupan bahan makanan lainnya.

Terakhir, ia merekomendasikan buah yang mengandung banyak air. Buah-buahan yang tinggi kadar airnya dapat mengatasi kekurangan cairan, vitamin dan mineral saat berbuka puasa. Buah dengan kadar air tinggi adalah semangka, jeruk, nanas, blewah dan sejenisnya.

Leave a Reply