Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, March 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Aplikasi OpenAI Microsoft Bisa Langsung Salin Catatan Pasien Saat Ngobrol ke Dokter

Topcareer.id – Anak perusahaan Microsoft sepasialis speech recognition, Nuance Communication meluncurkan Dragon Ambient eXperience (DAX) Express, aplikasi catatan klinis untuk petugas kesehatan yang didukung oleh kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

DAX Express bertujuan untuk membantu mengurangi beban administrasi dokter dengan membuat draf catatan klinis secara otomatis dalam beberapa detik setelah kunjungan pasien.

Mengutip CNBC, teknologi ini didukung oleh kombinasi ambient AI, yang membentuk wawasan dari data tidak terstruktur seperti percakapan, dan model terbaru OpenAI, GPT-4.

Diana Nole, VP eksekutif divisi perawatan kesehatan Nuance, mengatakan bahwa perusahaan ingin melihat para dokter “kembali menikmati pengobatan” sehingga mereka dapat merawat lebih banyak pasien.

“Tujuan akhir kami adalah untuk mengurangi beban kognitif ini, untuk mengurangi jumlah waktu yang mereka habiskan untuk tugas-tugas administratif ini,” kata dia seperti dikutip dari laman CNBC.

Microsoft mengakuisisi Nuance sekitar USD16 miliar pada tahun 2021. Perusahaan memperoleh pendapatan dengan menjual alat untuk mengenali dan menyalin ucapan selama kunjungan kantor dokter, panggilan layanan pelanggan, dan pesan suara.

DAX Express melengkapi layanan lain yang sudah ada di pasar Nuance.

Nole mengatakan teknologi tersebut akan diaktifkan melalui aplikasi pengenalan ucapan Nuance’s Dragon Medical One, yang digunakan oleh lebih dari 550.000 dokter.

Baca juga: Amazon PHK Massal Lagi, Kali Ini Pangkas 9.000 Karyawan

Dragon Medical One adalah asisten alur kerja berbasis cloud yang dapat dioperasikan oleh dokter menggunakan suara mereka, memungkinkan mereka menavigasi sistem klinis dan mengakses informasi pasien dengan cepat, Catatan klinis yang dihasilkan oleh DAX Express akan muncul di desktop Dragon Medical One.

DAX Express juga dibangun di atas aplikasi DAX asli yang diluncurkan Nuance pada tahun 2020. DAX mengubah kunjungan pasien secara lisan menjadi catatan klinis, dan mengirimkannya melalui proses peninjauan manusia untuk memastikannya akurat dan berkualitas tinggi. Catatan muncul di rekam medis dalam waktu empat jam setelah janji temu.

DAX Express, sebaliknya, menghasilkan catatan klinis dalam hitungan detik sehingga dokter dapat segera meninjau ringkasan otomatis kunjungan pasien mereka.

“Kami percaya bahwa dokter akan menginginkan kombinasi dari semua ini karena setiap spesialisasi berbeda, setiap perjumpaan dengan pasien berbeda. Dan Anda ingin memiliki alat yang efisien untuk semua jenis kunjungan ini,” kata Nole.

DAX Express awalnya akan tersedia dalam kapasitas pratinjau pribadi musim panas ini. Nole mengatakan Nuance tidak mengetahui kapan teknologi tersebut akan tersedia lebih luas, karena akan bergantung pada umpan balik yang diterima perusahaan dari pengguna pertamanya.

Leave a Reply