Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, March 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Lima Ide Bisnis Paling Cuan di Bulan Puasa

Sumber foto: ekonomi.bisnis.com

Topcareer.id – Jangan cuma konsumsi, bulan Ramadan bisa kamu manfaatkan untuk membuka peluang usaha musiman yang peluangnya bisa besar. Apalagi, menurut kajian Febriyanto dkk (2019), rata-rata konsumsi rumah tangga meningkat antara 10-30 persen hingga 100-150 persen selama bulan puasa.

Melansir siaran pers OK Bank, berikut rekomendasi ide usaha yang usaha cocok untuk kamu lakukan di bulan puasa:

1. Takjil

Takjil adalah makanan yang identik sebagai kudapan yang disantap untuk membatalkan puasa. Ada beragam menu takjil yang digandrungi oleh masyarakat, seperti kolak, sup buah, es campur, begitupun kurma, atau menu yang asin seperti gorengan, lemper, semur ayam, martabak telur dan lain semacamnya.

Besarnya modal yang Anda butuhkan untuk memulai usaha takjil ini cukup bervariasi, karena sangat tergantung dari target menu yang akan dipasarkan.

2. Perlengkapan Ibadah

Perlengkapan ibadah merupakan salah satu kebutuhan dalam bulan Ramadan untuk menjalankan kegiatan salat, mengaji, tarawih, dan ibadah lainnya. Hal ini bisa Anda pilih sebagai alternatif usaha saat Ramadan. Perlengkapan ibadah yang dibutuhkan oleh masyarakat yaitu mukena, sarung, serta sajadah portabel.

3. Katering Makanan

Di tengah kesibukan menjalani aktivitas pada saat Ramadan, kerap kali masyarakat tidak sempat untuk memasak makanan berbuka atau sahur. Anda bisa memulai usaha katering untuk ditawarkan kepada tetangga, teman, atau menawarkan kepada calon pelanggan lewat media sosial atau membagikan brosur.

Baca juga: Cek! Ini Lho Jenis Buah Yang Cocok Untuk Menu Buka Puasa

Menu yang sering dipilih tentunya yang memiliki ketahanan, agar tidak cepat basi. Contoh makanan yang tidak cepat basi ialah rendang, sambal goreng, ayam goreng, dendeng daging, kering tempe, kentang kering, sambal ikan teri, sambal ikan rowa, dan lain – lain.

4. Kue Kering

Masyarakat sudah mempersiapkan berbagai jenis kue kering yang disajikan menjelang Idul Fitri. Biasanya, selama bulan Ramadhan bahkan dari sebelumnya, usaha ini sudah ramai untuk ditawarkan kepada kerabat, teman, tetangga atau relasi.

Permintaan kue kering paling diminati oleh masyarakat untuk disantap saat momentum Idul Fitri untuk menyambut tamu saat bersilaturahmi. Beberapa rekomendasi kue kering yang paling diminati, yakni putri salju, nastar, kastengel, lidah kucing dan banyak lagi macam nya. Bisnis ini menjadi alternatif yang menjanjikan karena tingginya permintaan pasar pada saat hari raya.

5. Busana Muslim

Saat bulan Ramadan, masyarakat sering melakukan acara buka puasa bersama dengan keluarga, teman atau kerabat. Mereka perlu tampil rapih dan berbeda dari biasanya. Untuk itu diperlukan pakaian muslim dengan warna dan model baru.

Sebab di momen untuk mempererat tali silaturahmi itu banyak orang ingin terlihat ceria dan memukau. Busana muslim tersebut juga diperlukan untuk dipakai saat Idul Fitri. Untuk memulai usaha baju muslim, Anda bisa memulai dengan mencari distributor atau menjadi anggota reseller.

Leave a Reply