Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 18, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Alasan Ilmiah Gorengan Nggak Baik Jadi Menu Buka Puasa

Gorengan. (dok. iStock)

Topcareer.id – Sudah jadi hal lumrah di Indonesia, jika berbuka puasa dengan gorengan atau es buah. Padahal, seperti yang kita tahu bahwa gorengan bukan menu buka puasa yang direkomendasikan karena alasan kesehatan.

Seperti halnya yang dikatakan Ditisien FKKMK UGM, Tony Arjuna yang tidak menyarankan gorengan dikonsumsi sebagai menu buka puasa.

“Gorengan sangat tidak direkomendasikan untuk berbuka karena komposisinya dominan karbohidrat dan lemak tidak sehat,” kata Tony dikutip dari rilis berita di laman resmi UGM, Senin (27/3/2023).

Lebi lanjut Tony menjelaskan bahwa proses pengolahan gorengan biasanya menggunakan minyak yang telah dipakai secara berulang-ulang. Kondisi tersebut menjadikan minyak sebagai sumber kolesterol yang sebenarnya tidak ideal untuk digunakan.

“Kan jarang yang ada gorengan yang 1-2 kali pakai ganti minyaknya. Kebanyakan minyak yang digunakan itu sudah dipakai berkali-kali dan jadi model sumber kolesterol,” ujar Tony.

Selain mengandung lemak tidak sehat, Tony menjelaskan gorengan juga tersusun dari karbohidrat sederhana. Karbohidrat jenis ini sifatnya cepat dibakar dan dicerna oleh tubuh.

Baca juga: Meski Kenyang, Makan Mie Instant Saat Sahur Ternyata Nggak Dianjurkan

Kondisi tersebut menjadikan kadar gula darah dalam tubuh menjadi cepat turun sehingga membuat cepat merasa lapar.

“Berbuka dengan yang manis sebenarnya juga tidak terlalu ideal karena karena cepat menaikan gula darah dan turunnya juga cepat sehingga mudah merasa lapar kembali,” imbuhnya.

Ia merekomendasikan menu berbuka puasa dengan mengonsumsi jenis karbohidrat kompleks. Karena karbohidrat kompleks yang lebih lambat dicerna oleh tubuh sehingga kenyang lebih lama dan tidak cepat merasa lapar.

Tony lantas mencontohkan jenis karbohidrat kompleks yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa adalah buah-buahan. “Kalau makan besar baiknya yang dikonsumsi yang dominan proteinnya karena pengolahan dalam tubuh lebih pelan dan menaikkan gula darah dalam tubuh secara perlahan,” tandas dia.

Leave a Reply