Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, March 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Makan Ikan Jenis Ini 2 Kali Seminggu Lindungi Tubuh dari Penyakit Kardiovaskular

white fish ilustrasi. (source: seapedia)

Topcareer.id – Dalam data baru yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Internal Medicine, para peneliti dari Universitas McMaster mengandaikan bahwa konsumsi ikan berminyak dua kali seminggu dapat melindungi dari penyakit kardiovaskular di antara individu yang berisiko tinggi.

Sekitar 121,5 juta orang dewasa menderita penyakit kardiovaskular, dan sebagian besar sistem kesehatan mengidentifikasi pola makan yang buruk sebagai faktor risiko utama.

Ikan berminyak seperti salmon, tuna, dan mackerel, kaya akan asam lemak omega-3 (EPA dan DHA) yang umum. Partisipan yang terlibat dalam studi baru yang biasa konsumsi ikan berminyak mengurangi risiko serangan jantung dan stroke sekitar 16% dibandingkan dengan mereka yang tidak konsumsi ikan berminyak.

Meskipun individu berisiko tinggi tampaknya menikmati manfaat yang paling menonjol dari asupan ikan berminyak secara teratur, para peneliti percaya bahwa individu yang sehat dapat menuai manfaat serupa sampai taraf tertentu.

“Dalam analisis 4 studi kohort internasional terhadap 191.558 orang dari 58 negara di 6 benua, risiko CVD utama yang lebih rendah dan kematian total dikaitkan dengan asupan ikan yang lebih tinggi setidaknya 175 g (2 porsi) setiap minggu di antara individu berisiko tinggi atau pasien dengan penyakit vaskular, tetapi tidak pada populasi umum tanpa penyakit vascular,” tulis peneliti dalam laporan.

“Ikan berminyak, tetapi tidak jenis ikan lain, dikaitkan dengan manfaat yang lebih besar,” sebut laporan tersebut, mengutip Ladders.

Analisis ini dilakukan dari Januari hingga Juni 2020. Konsumsi ikan (terutama ikan berminyak) harus dievaluasi dalam uji klinis acak dari hasil klinis di antara orang dengan penyakit pembuluh darah.

Baca juga: Cek! Ini Lho Jenis Buah Yang Cocok Untuk Menu Buka Puasa

Menurut penulis, ikan trout, salmon, sarden, teri, pilchards, kipper, belut, ikan teri, makarel, herring, dan tuna menyediakan sumber omega-3 yang paling melimpah.

Whitefish, di sisi lain, yang kurang berminyak dan karena itu mendistribusikan omega-3 kurang efektif ke seluruh jaringan, merupakan sumber yang baik untuk protein dan mineral rendah lemak.

Whitefish dan ikan berminyak adalah cara terbaik untuk mendapatkan vitamin B12 dan vitamin D, zat besi, selain mineral lain seperti selenium, seng, dan yodium.

“Ada manfaat perlindungan yang signifikan dari konsumsi ikan pada orang dengan penyakit kardiovaskular,” kata rekan penulis utama Andrew Mente, profesor asosiasi metode penelitian, bukti, dan dampak di McMaster, dalam pernyataan media.

“Studi ini memiliki implikasi penting untuk pedoman asupan ikan secara global. Ini menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi ikan dan terutama ikan berminyak pada pasien vaskular dapat menghasilkan manfaat kardiovaskular yang sederhana.”

Omega-3 juga merupakan bagian integral untuk kesehatan mata dan tulang yang optimal, pengurangan lemak hati, dan peradangan.

Leave a Reply