Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, May 23, 2024
redaksi@topcareer.id
LifestyleTren

Ganggu Kesehatan, Jangan Lakukan 3 Hal Ini Saat Berbuka Puasa

(flicker)

Topcareer.id – Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa puasa memiliki manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. Tapi, momen berbuka puasa bisa merusak manfaat kesehatan tersebut. Apalagi yang sering ditemui, masyarakat kalap dalam menyantap makanan saat berbuka puasa.

Ners UM Surabaya Islam Syarifurrahman mengatakan, kebiasaan buruk seperti ini jika sering dilakukan akan menimbulkan berbagai respon yang tidak baik bagi kesehatan tubuh seseorang, seperti risiko obesitas dikarenakan jumlah kalori terlalu besar masuk ke dalam tubuh.

Mengonsumsi makanan yang tepat bukan dari kuantitas melainkan kualitas nutrisi yang terdapat pada makanan tersebut.
Islam Syarifurrahman lantas membagikan 3 kebiasaan makan saat berbuka puasa yang berdampak buruk bagi kesehatan.

1. Terlalu banyak konsumsi makanan dan minuman manis

Berbuka dengan yang manis memang dianjurkan untuk mengembalikan energi pada tubuh. Namun, kebanyakan mengonsumsi minuman yang manis juga tidak baik bagi kesehatan.

“Mengonsumsi minuman manis yang berlebihan bisa menyebabkan overweight, membuat tubuh lemas, tubuh susah bergerak dan menjadi lebih lambat serta mudah mengantuk,” kata Islam dalam rilis berita di laman resmi UM Surabaya, dikutip Jumat (31/3/2023).

Baca juga: Biar Aman Dan Lancar Jaya, Simak 5 Tips Mudik Ala Tiket.Com

2. Terlalu sering konsumsi makanan berminyak

Lebih lanjut Islam menyampaikan, gorengan masih menjadi varian penting saat berbuka puasa. Namun, biasanya gorengan yang dikonsumsi seseorang identik dengan kandungan minyak berlebih yang mengakibatkan makanan sulit dicerna oleh tubuh. Apabila terlalu sering akan menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan.

3. Konsumsi makanan fast food

Saat berbuka puasa tidak sedikit masyarakat yang memilih dan mengonsumsi makanan siap saji (fast food), karena bisa disajikan dengan cepat.

“Namun masyarakat perlu tahu bahwa makanan siap saji mengandung tinggi kalori serta karbohidrat yang meyebabkan risiko penyakit seperti gula darah serta gangguan pada sistem pencernaan,” tandas Islam.

Leave a Reply