Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, May 30, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Yok Bisa Yok! Biar Kerja Nggak Lemas Pas Puasa, Simak 7 Tips Ini (Bagian 1)

Ilustrasi tidak semangat kerja-ngantuk-lelah kerja.Ilustrasi tidak semangat kerja-ngantuk-lelah kerja. (Dimas/Topcareer.id)

Topcareer.id – Berpuasa saat Ramadan tak berarti lemas-lemasan dan tak bersemangat saat bekerja. Ini memang menjadi tantangan tersendiri untuk tetap semangat selama berpuasa. Meski begitu, puasa selama bulan Ramadan memiliki efek yang menyehatkan.

Tapi tak perlu khawatir, ada cara agar kamu tetap berenergi dan tidak lemas saja selama menjalankan puasa Ramadan, bekerja seperti biasanya.

1. Bertekadlah

Ya, kita paham bahwa kita akan menghadapi lebih banyak tantangan selama Ramadan karena kita dilatih untuk mengendalikan diri dari rasa lapar dan emosi. Tapi, jika kamu sudah menetapkan tekad dan penuh motivasi, maka tips selanjutnya akan mudah diikuti.

2. Makan sahur secukupnya

Ingat, saat kamu harus mengisi bahan bakar ketika sahur dan berbuka puasa, kamu tidak harus makan berlebihan. Sebaliknya, makanlah dalam porsi sedang untuk sahur karena makan berlebihan akan membuatmu merasa mengantuk dan tidak berenergi.

Baca juga: Penelitian Sebut Ini Jam-Jam Paling Produktif Seharian Saat Kerja

Pilih menu seimbang, karbohidrat, protein, dan serat dalam asupanmu. Memilih makanan yang mengandung serat bisa bantu membuatmu kenyang lebih lama. Selain itu, perbanyak makan sayur dan buah.

3. Sesuaikan waktu tidur

Ada dua jadwal tidur yang harus kamu perbaiki. Pertama, jadwal malam. Jika kamu memiliki kebiasaan tidur larut malam, lebih baik kamu mulai mengubahnya. Cobalah untuk tidur lebih awal karena kamu juga harus bangun lebih awal daripada di bulan-bulan selain Ramadan.

Jadwal kedua adalah setelah sahur dan sholat subuh. Akan lebih baik jika kamu tidak melanjutkan tidur karena dapat menyebabkanmu merasa lesu setelahnya.

Lebih baik lanjutkan dengan olahraga atau aktivitas energi lainnya. Jika kamu harus berada di kantor pada pagi hari (07.00 hingga 09.00), kamu dapat langsung berangkat.

Leave a Reply