Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, April 21, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan dan Tips Memilihnya

Umat Islam makan kurma saat berbuka puasa. (dok. Shuttersctock).

Topcareer.id – Selama bulan puasa hingga Lebaran, buah kurma menjadi khas buah yang akan sering ditemui di manapun. Buah kurma bahkan sering dijadikan hidangan berbuka puasa karena memiliki rasa manis dan lezat.

Dan ternyata, buah asal Timur Tengah ini memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Cukup dengan 3 butir kurma saat berbuka puasa bahkan bisa mengembalikan energi dalam tubuh.

Dosen Departemen Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR) Dominikus Raditya Atmaka mengatakan bahwa buah kurma memiliki beberapa kandungan gizi seperti vitamin A, B, C, dan E, fruktosa, kalsium, kalium, serta zat besi.

Ia melanjutkan, salam hal ini, kalium yang tinggi pada kurma dapat berfungsi untuk menjaga kestabilan tekanan darah. Selain itu, kandungan sejumlah vitamin dan polifenol dalam kurma dapat berperan sebagai antioksidan dan mampu melawan pro-oksidan yang dapat merusak sel dalam tubuh.

“Ketika berbuka puasa, orang-orang dianjurkan untuk mengonsumsi buah kurma karena kemampuannya untuk mengembalikan kadar gula darah yang menurun ketika berpuasa,” kata dia dikutip dari laman resmi UNAIR, Kamis (6/4/2023).

Baca juga: Menu Buka Puasa Yang Aman Bagi Penderita Asam Lambung

Tips Memilih Buah Kurma

Ia juga mengimbau masyarakat untuk cermat ketika membeli. Terlebih, di bulan puasa orang-orang banyak yang berjualan kurma secara tiba-tiba. Oleh karena itu, mengetahui jenis kurma sehat dan segar sangatlah penting.

“Pilihlah kurma yang kering. Hindari kurma yang memiliki bintik-bintik jamur, warna coklat yang cenderung gelap, dan warna gelap pekat dan merata. Selain itu, pertimbangkan bau khas kurma yang segar manis, tidak tengik, dan tidak apek,” ungkap Sekretaris Departemen Gizi FKM UNAIR itu.

Sebagai penutup, Domi tidak lupa memberikan rekomendasi olahan makanan berbahan dasar kurma. Menurutnya, buah kurma tidak hanya dapat dikonsumsi mentah, tetapi juga bisa dimasak menjadi makanan yang lezat.

Beberapa olahan tersebut antara lain pudding, brownies, pie, sirup kurma, jus kurma, smoothies kurma, kolak kurma, dan masih banyak lagi.

Leave a Reply