Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Menko PMK Sebut Angka Kecelakaan Arus Mudik 2023 Turun 39%

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy beberkan sejumlah antisipasi pergerakan selama libur Nataru 2023/2024.Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy beberkan sejumlah antisipasi pergerakan selama libur Nataru 2023/2024. (foto: Kemenko PMK)

Topcareer.id – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebut bahwa untuk musim mudik lebaran 2023 ini, angka kecelakaan turun sebesar 39%.

Sementara, ia menambahkan, untuk angka kematian turun sangat signifikan sebesar 72 persen dibanding arus mudik pada tahun 2022 lalu.

Ia mengutarakan ada satu hal yang harus menjadi perhatian Bersama, yakni perilaku pemudik. Hal tersebut menjadi faktor yang sangat berpengaruh terhadap penanganan arus mudik maupun arus balik saat ini.

“Itu saya kira memiliki kontribusi sekitar 50 persen lebih. Jadi kalo mereka bisa mendisiplinkan diri, rajin mencari informasi berbagai macam kebijakan dari pemerintah, dan mematuhi anjuran dari pemerintah. Saya rasa kita bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan,” kata dia dikutip dari pers rilis, Kamis (27/4/2023).

Baca juga: Kemenhub: H+2 Lebaran, Lonjakan Tertinggi Penumpang Angkutan Umum

Hal yang sama juga disampaikan oleh Staf Khusus Bidang Komunikasi Kemenhub, Adita Irawati, bagaimana angka kecelakaan dapat turun secara drastis melalui edukasi terkait keselamatan transportasi kepada para pemudik secara reguler.

Lebih lanjut Adita menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan pengecekan kendaraan umum sebelum beroperasi.

“Dari kendaraan umum sendiri memang dari awal sejak bulan Februari kita sudah turun kelapangan untuk melakukan rem check atau memastikan kelayakan operasional dari kendaraan-kendaraan umum baik itu udara, kereta api, maupun yang ada di kapal,” ujar Adita.

Leave a Reply