Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, April 21, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tips Cegah Obesitas Usai Makan Besar Saat Lebaran

Ilustrasi. (dok. Shutterstock)

Topcareer.id – Merayakan kemenangan setelah satu bulan berpuasa tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Namun, yang sering terjadi malah makan minum yang tidak terkontrol saat momen-momen lebaran, bahkan ujungnya bisa membuat obesitas.

Hidup sehat yang sudah dibentuk selama satu bulan di bulan Ramadhan, seketika berubah menjadi kurang sehat. Pola makan yang mulanya teratur dan disiplin, setelah lebaran justru berubah menjadi tidak teratur.

Akibatnya ketika pola makan tidak teratur, dan porsi makan terus bertambah, maka bisa menyebabkan obesitas.
Firman, Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) UM Surabaya menyebut, obesitas atau kelebihan berat badan terjadi akibat dari penimbunan lemak yang berlebihan dalam tubuh.

Firman menjelaskan, penimbunan lemak ini terjadi ketika asupan makanan yang dikonsumsi lebih besar dari energi tubuh yang digunakan untuk aktivitas.

Menurutnya, kasus obesitas tidak bisa dianggap enteng, banyak hasil penelitian mengatakan obesitas menjadi faktor risiko terjadinya penyakit tidak menular seperti diabetes melitus, serangan jantung, gagal ginjal, kanker, hipertensi dan penyakit lainnya serta berkontribusi pada penyebab kematian akibat penyakit kardiovaskular sebanyak (5,87% dari total kematian), penyakit diabetes dan ginjal (1,84% dari total kematian).

“Selain memberikan dampak peningkatan penyakit tidak menular, obesitas juga berdampak pada kerugian ekonomi yang dipicu oleh biaya perawatan akibat timbulnya penyakit komorbiditas yang memang memerlukan biaya tidak sedikit,” kata Firman dikutip dari laman resmi UM Surabaya.

“Untuk itu obesitas saat ini telah digolongkan sebagai penyakit yang perlu mendapat intervensi secara serius dan komprehensif,” ujarnya.

Baca juga: Cuaca Panas Tak Biasa: Gejala Yang Perlu Diwaspadai Dan Tips Menghadapinya

Firman lantas membagikan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah obesitas terutama pasca lebaran.

1. Penuhi asupa protein harian

Menurut Firman, hal ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh 80 hingg 100 kalori per hari. Mencukupi asupan protein dalam tubuh dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama, sehingga keinginan untuk nyemil bisa terkendali.

2. Lakukan aktivitas fisik

Aktivitas ini bisa berupa lari-lari kecil, maupun senam untuk meregangkan otot, dan aktivitas fisik lainnya sesuai kemampuan masing-masing orang. Lakukan selama 30 menit setiap hari, atau minimal 3 hingga 5 hari per minggu.

“Dengan melakukan aktivitas fisik secara rutin dan teratur dapat membakar lemak dan kalori dalam tubuh, sehingga dapat mencegah penimbunan lemak dalam tubuh,” papar dia.

3. Hindari konsumsi makanan/minuman tinggi gula

Hal itu arena dapat memicu sejumlah penyakit berbahaya, seperti kencing manis atau diabetes, penyakit jantung, gagal ginjal, maupun kanker. Selain itu seseorang juga perlu menghindari minuman bersoda, jus buah kemasan dan minuman beralkohol.

4. Diet

Coba lakukan diet rendah karbohidrat yang dinilai sangat efektif untuk mencegah kenaikan berat badan, dan bahkan tips ini bisa digunakan untuk diet menurunkan berat badan.

5. Rutin ukur berat badan

Selain berat badan, ukur juga lingkar perut, dan glukosa darah. Cara menghitung berat badan ideal dengan rumus yaiu, (BB/TB2) atau tinggi badan (TB) dalam meter dikalikan tinggi badan (TB) dalam meter. Kemudian berat badan (BB) dibagi dengan hasil perkalian tinggi badan (TB) tadi.

“Sehingga dari perhitungan tersebut kita dapat mengetahui berat badan ideal tubuh kita apakah masuk kategori normal atau obesitas,”pungkas Firman.

Leave a Reply