Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Raih 87 Medali, Menpora: Emas Terbanyak Sepanjang Sejarah Indonesia di SEA Games

Timnas Indonesia di ajang SEA Games 2023 Kamboja. (dok. Kemenpora)Timnas Indonesia di ajang SEA Games 2023 Kamboja. (dok. Kemenpora)

Topcareer.id – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Arotedjo menyampaikan terima kasih atas perjuangan kontingen Indonesia yang berhasil menduduki peringkat tiga klasemen akhir SEA Games 2023 Kamboja.

Indonesia mengumpulkan 87 medali emas, 80 perak, dan 109 perunggu.

“Alhamdulillah perolehan SEA Games di Kamboja ini sangat membanggakan dengan berbagai tantangan dan kita bisa lihat banyak ketidak-adilan, tetapi kontingen Indonesia mampu berjuang dan kita mendapatkan berkah,” kata Menpora Dito melalui rilis berita di laman resmi Kemenpora, dikutip Rabu (17/5/2023).

Menpora Dito juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan juga orang tua dari para atlet yang telah mendukung dan mendoakan perjuangan kontingen Indonesia.

“Saya ingin ucapkan kepada seluruh kontingen Indonesia banyak terima kasih. Kalian (atlet) adalah pahlawan Merah Putih. Kita lihat bagaimana seluruh masyarakat melihat perjuangan para atlet. Mereka menginspirasi dan berjuang dengan baik,” ujar Menpora Dito.

Capaian tim Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja dipastikan melampaui target perolehan medali. Sebelumnya Presiden Joko Widodo meminta pasukan Merah Putih membawa pulang sedikitnya 69 medali emas.

Baca juga: Garuda Indonesia Beri Diskon Tiket Hingga 80%, Catat Tanggalnya

Kontingen Indonesia akhirnya mampu meraup 276 medali dengan rincian 87 emas, 80 perak, dan 109 perunggu. Ini merupakan pencapaian terbaik dalam enam edisi SEA Games terakhir. Sejak SEA Games 2013, perolehan medali emas Indonesia tak pernah menyentuh angka 80.

“Indonesia sudah dapat 87 emas. Ini merupakan emas terbanyak sepanjang sejarah SEA Games ketika kita main diluar kandang kita sendiri,” kata Menpora Dito.

Pada tahun ini, sebanyak delapan cabang olahraga mencatatkan diri sebagai juara umum. Kedelapannya adalah wushu, pencak silat, balap sepeda, tenis, esports, bulutangkis, voli, dan angkat besi.

Tak hanya itu, cabang olahraga lainnya juga mencetak sejarah, diantaranya hoki dan kriket. Hoki indoor putra dan kriket putri kategori 6s untuk kali pertama meraih emas di ajang pesta olahraga antar bangsa-bangsa Asia Tenggara ini.

Angkat besi juga tak mau tertinggal. Lifter Eko Yuli Wirawan (kelas 61kg), Rizki Juniansyah (73kg), Rahmat Erwin Abdullah (kelas 81kg) mampu memecahkan rekor SEA Games. Timnas basket putri 5×5 mendapatkan emas untuk pertama kalinya.

Sepak bola akhirnya menutup perjuangan manis kontingen Indonesia. Timnas Indonesia mampu mendapatkan emas usai menumbangkan Thailand 5-2. Emas ini terasa spesial karena sebelumnya Indonesia harus menunggu 32 tahun lamanya.

Leave a Reply