Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
ProfesionalTren

Alasan Ekonomi, Lebih Banyak Gen Z Sekarang Punya Kerja Sampingan

Searching job-ilustrasi tips lancar pencarian kerja 2024 menurut LinkedIn.Searching job-ilustrasi tips lancar pencarian kerja 2024 menurut LinkedIn. (Pexels)

Topcareer.id – Ada berbagai alasan mengapa pekerja fulltime pada akhirnya juga harus mengambil kerja sampingan, salah satunya ya karena kebutuhan. Saat ini, anak muda yang mengambil pekerjaan sampingan karena masalah uang mengalami peningkatan.

Sebuah survei baru Deloitte menunjukkan bahwa sekitar 46% Gen Z saat ini memiliki pekerjaan penuh atau paruh waktu selain pekerjaan utama mereka. Angka tersebut hanya sedikit lebih rendah untuk kaum milenial, yaitu 37%.

Untuk Survei Generasi Z dan Milenial 2023, Deloitte mengumpulkan tanggapan dari 14.483 Generasi Z dan 8.373 generasi milenial dari 44 negara di seluruh dunia.

Di kedua generasi, lebih banyak orang memiliki pekerjaan sampingan sekarang dibandingkan tahun lalu: angkanya 3% lebih tinggi di antara Gen Z dan 4% lebih tinggi di kalangan milenial, menurut perusahaan konsultan tersebut.

“Pekerjaan sampingan sedang meningkat untuk Gen Z dan Milenial saat mereka berjuang untuk memenuhi kebutuhan,” kata Michele Parmelee, Global People and Purpose Leader di Deloitte, dikutip dari CNBC Make It.

Beberapa pekerjaan sampingan yang paling populer adalah menjual produk atau layanan secara online, bekerja di pekerjaan gig economy seperti pengiriman makanan atau ride-hailing, outlet artistik, atau membuat konten media sosial sebagai influencer.

“Sementara uang adalah alasan utama untuk memiliki pekerjaan sampingan, responden juga melihatnya sebagai cara untuk menghasilkan uang dari hobi mereka, melepaskan diri dari pekerjaan utama mereka, memperluas jaringan mereka, dan dalam beberapa kasus, mengembangkan keterampilan untuk jalur karier baru,” jelas Parmelee.

Baca juga: Laris Manis 5 Tahun Ke Depan, Ini 10 Pekerjaan Dengan Pertumbuhan Tercepat

Sekitar 25% Gen Z dan 28% generasi milenial mengatakan bahwa motivasi utama pekerjaan sampingan mereka adalah untuk mendapatkan keterampilan dan membangun hubungan, dengan kurang dari seperempat dari setiap generasi mengatakan bahwa hal itu terkait dengan hobi mereka atau membantu mereka beralih.

Namun, masalah uang menjadi yang teratas sejauh ini: 38% Gen Z dan 46% generasi milenial mengatakan alasan mereka bekerja sampingan terkait dengan keuangan mereka.

Data dari survei Deloitte menunjukkan bahwa biaya hidup menjadi perhatian terbesar generasi milenial dan Gen Z saat ini. Ini sangat relevan karena lebih dari setengah dari setiap generasi mengatakan bahwa mereka hidup dari gaji ke gaji – 5% lebih dari setahun yang lalu.

Itu terjadi karena inflasi tetap tinggi di banyak ekonomi utama. Harga naik 4,9% setiap tahun di AS pada bulan April, sementara di Inggris, harga naik 10,1%.

Memiliki pekerjaan sampingan adalah salah satu cara kaum muda mencoba mengurangi dampak krisis biaya hidup, tetapi responden survei juga mengatakan bahwa mereka menunggu lebih lama untuk menaiki tangga properti atau memulai sebuah keluarga dan membeli lebih banyak barang bekas, menurut survei.

“Generasi ini dibebani dengan ketidakamanan finansial. Kekhawatiran ekonomi menghambat kemampuan Gen Z dan milenial untuk merencanakan masa depan mereka, dan menyebabkan mereka menunda keputusan besar dalam hidup,” kata Parmelee.

Leave a Reply