Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 18, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Traveloka Catat Tren Peningkatan Perjalanan Internasional Jelang Libur Sekolah

Topcareer.id – Platform travel, Traveloka, mencatat adanya tren peningkatan perjalanan domestik maupun internasional jelang periode libur sekolah.

Data internal Traveloka mencatat, pada kuartal I/2023, tingkat reservasi akomodasi dan tiket pesawat untuk perjalanan domestik sudah kembali pada tingkat permintaan sebelum pandemi.

Sedangkan untuk perjalanan internasional, tercatat peningkatan sebesar 2 kali lipat untuk reservasi akomodasi terutama di destinasi Singapura dan Jepang serta hampir tiga kali lipat untuk reservasi tiket pesawat dibandingkan periode yang sama pada 2022.

Data yang sama mencatat Singapura, Malaysia, Thailand, Jepang, Korea Selatan dan Australia masih menjadi destinasi dengan permintaan tertinggi untuk perjalanan internasional.

Sedangkan untuk perjalanan domestik, Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali dan Yogyakarta, di samping Jabodetabek, Surabaya dan Medan menjadi tujuan favorit untuk staycation.

CEO Transport Traveloka, Iko Putera, mengatakan di kuartal I/2023, pariwisata global mengalami pertumbuhan signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Demikian juga untuk Indonesia yang terus menunjukkan peningkatan minat wisata yang kuat, termasuk untuk perjalanan ke luar negeri,” kata dia dikutip siaran pers, Rabu (24/5/2023).

Peningkatan minat perjalanan internasional memiliki dampak positif yang signifikan terhadap pertumbuhan industri pariwisata di Indonesia serta berkontribusi dalam mendorong kolaborasi yang erat antara negara-negara dalam bidang pariwisata.

Baca juga: Masuk Ancol Gratis Selama Sebulan, Cek Tanggal Dan Syaratnya

“Memasuki masa libur sekolah pada bulan Mei hingga Juli, merupakan peak season liburan keluarga, sehingga kami melihat permintaan perjalanan internasional akan terus menguat,” ujarnya.

Mengacu pada data World Tourism Barometer ke-2 tahun 2023 yang dirilis oleh Organisasi Pariwisata Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nation World Tourism Organization/UNWTO), pariwisata internasional tumbuh 86% pada kuartal I/2023 dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Diperkirakan 235 juta wisatawan melakukan perjalanan internasional dalam tiga bulan pertama 2023, lebih dari dua kali lipat dari periode yang sama tahun 2022.

Tren peningkatan perjalanan ini juga selaras dengan data dari Badan Pusat Statistik yang menyebutkan bahwa sepanjang Januari hingga Maret 2023, jumlah penumpang angkutan udara domestik meningkat 32,69% dibandingkan periode yang sama tahun 2022.

Demikian juga untuk jumlah penumpang angkutan udara ke luar negeri mengalami kenaikan hingga hampir 8 kali lipat dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

“Kami memahami bahwa perjalanan luar negeri memerlukan perencanaan cermat dan komprehensif yang sesuai dengan aspirasi konsumen. Oleh karena itu, Traveloka hadir dengan memberikan solusi perjalanan lengkap untuk memudahkan pengguna dalam perencanaan konsumen,” jelasnya.

“Mulai dari tiket pesawat, hotel, tiket atraksi, asuransi perjalanan, transportasi antar jemput bandara, rental mobil, akses internet luar negeri, dan masih banyak lagi,” imbuhnya lagi.

Menyambut periode liburan sekolah kali ini, Traveloka menghadirkan Traveloka Travel Fair sebagai solusi untuk mewujudkan liburan impian bagi keluarga terutama dalam perjalanan destinasi internasional.

Traveloka Travel Fair akan diadakan secara offline pada 29 Mei hingga 4 Juni di Food Society, lantai dasar Kota Kasablanka, Jakarta.

Leave a Reply