Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 19, 2024
redaksi@topcareer.id
ProfesionalTren

Daftar Kerjaan yang Nggak Perlu Gelar Sarjana, Tapi Diprediksi Laris

Interview. Dok/Howigotjob.comInterview. Dok/Howigotjob.com

Topcareer.id – Dulu banyak anggapan bahwa tidak memiliki ijazah S1 maka dianggap susah mendaptkan pekerjaan di perusahaan. Tapi saat ini, banyak perusahaan yang mulai menghapus persyaratan gelar sarjana dalam kualifikasi pekerja mereka.

Tentu saja ini menciptakan peluang baru bagi orang-orang yang tidak kuliah untuk mendapatkan pekerjaan yang kompetitif dan bergaji tinggi.

Menurut penelitian terbaru dari ZipRecruiter, jumlah pekerjaan yang membutuhkan gelar di luar ijazah SMA terus menurun sejak dimulainya pandemi Covid-19.

Untuk menemukan industri mana yang memiliki peluang berkembang paling besar bagi kandidat tanpa gelar sarjana, ilmuwan data di LinkedIn menganalisis jutaan profil anggota dan deskripsi lowongan pekerjaan yang dibagikan di platform antara tahun 2021 dan 2023.

Untuk laporan ini, seorang “lulusan non-sarjana” dipilih didefinisikan sebagai seseorang yang lulus dari sekolah menengah, memiliki gelar associate atau menyelesaikan magang untuk melatih pekerjaan.

Berikut adalah pekerjaan dengan pertumbuhan tercepat untuk orang tanpa gelar sarjana, menurut LinkedIn:

Baca juga: Alasan Ekonomi, Lebih Banyak Gen Z Sekarang Punya Kerja Sampingan

1. Konsultasi
Pekerjaan teratas: Penasihat klien, konsultan bisnis, konsultan solusi

2. Pemasaran
Pekerjaan teratas: Manajer media sosial, spesialis pemasaran, koordinator pemasaran

3. Penelitian
Pekerjaan teratas: Teknisi laboratorium, analis bisnis, teknisi laboratorium medis

4. Sumber daya manusia
Pekerjaan teratas: Spesialis sumber daya manusia, asisten sumber daya manusia

5. Media dan komunikasi
Pekerjaan teratas: Penulis, asisten produksi, editor, manajer produksi

Beberapa dari pekerjaan ini menawarkan gaji besar: Manajer produksi yang terampil dapat menghasilkan setidaknya USD106.000 per tahun, sedangkan konsultan solusi berpenghasilan tertinggi biasanya memperoleh antara USD113.000 dan USD167.000, menurut ZipRecruiter.

Perekrutan untuk peran konsultan mengalami pertumbuhan perekrutan yang signifikan untuk kandidat tanpa gelar sarjana dalam beberapa tahun terakhir, naik 34% antara tahun 2021 dan 2022.

“Orang-orang akan mendengar ‘konsultasi’ dan langsung membayangkan pekerjaan di perusahaan konsultan besar, tetapi ada banyak peluang freelance dan kontrak di mana Anda dapat menggunakan keterampilan atau keahlian Anda di bidang tertentu, seperti penjualan, misalnya, untuk memberi saran, perusahaan atau klien pada proyek tertentu,” kata Andrew Seaman, redaktur pelaksana senior untuk pekerjaan dan pengembangan karier di LinkedIn News.

Leave a Reply