Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Baiknya Dihindari, Kebiasaan Pagi Ini Bikin Kamu Mudah Stres (Bagian 2)

Topcareer.id – Bagaimana kamu bangun di pagi hari? Memanfaatkan alarm smartphone tepat di samping tempat tidur? Awalnya mungkin ini bukan masalah besar, tapi memeriksa ponsel tepat ketika kamu bangun sebenarnya adalah kebiasaan pagi yang dapat menyebabkan kamu lebih stress.

Jika kamu seperti perkiraan 8 dari 10 orang yang menggunakan alarm ponsel untuk bangun, kamu juga bagian dari 80% yang juga memeriksa ponsel mereka dalam sepuluh menit pertama pagimu. Selain periksa ponsel, berikut kebiasaan pagi yang membuatmu makin stress, melansir Ladders.

5. Tidak mempersiapkan malam sebelumnya

Ingatkah kamu ketika kamu terbiasa meletakkan pakaian sekolah pada malam sebelum hari pertama sekolah? Jenis perencanaan awal ini – suatu bentuk fungsi eksekutif – sebenarnya membantumu memulai keesokan paginya dengan kemungkinan lebih kecil untuk merasa stres.

Dengan kata lain, mempersiapkan malam sebelumnya akan membantu mengurangi kesibukan di pagi hari. Di sisi lain, tidak mempersiapkan malam sebelumnya dapat menyebabkan stres yang berlebihan keesokan harinya.

6. Kurang tidur

Untuk sebagian besar, banyak dokter dan ahli saraf yang merekomendasikan tidur selama 7-9 jam. Tidur adalah pemulihan sesederhana mungkin. Kurang tidur dapat menyebabkan sistem sarafmu bekerja terlalu keras. Mengandalkan sistem saraf untuk mengarahkan harimu seperti mengemudi secara buta.

Baca juga: 5 Penyakit Yang Menghantui Jika Sering Mager, Menurut Dosen UM Surabaya

Setiap orang membutuhkan waktu tidur tertentu untuk berfungsi sepenuhnya, dan tanpanya, kamu membahayakan kesehatan dan produktivitas secara keseluruhan.

7. Kopi

Apakah kamu seseorang yang langsung minum kopi di pagi hari? Kebanyakan orang yang minum kopi untuk memulai hari mereka akan melakukannya, tetapi ini mungkin menyebabkan stress.

Inilah alasannya: Kortisol – hormon penyebab stres utama tubuh – mencapai puncaknya 30 menit setelah kamu bangun. Meskipun terjadi secara alami di tubuh kita, itu bukanlah sesuatu yang lebih kita inginkan. Dan beberapa kebiasaan dan hal yang kita lakukan bisa meningkatkannya, salah satunya kebetulan kopi.

Kopi dan kafein yang menyertainya dapat meningkatkan produksi kortisol sehingga membuatmu merasa lebih stres. Tunggu beberapa jam lagi sebelum kamu menikmati secangkir kopi asli.

8. Tidak ada momen kegembiraan

Tambahkan kegembiraan sebanyak mungkin ke pagimu. Apa yang kita katakan pada diri kita sendiri akan sering terwujud sepanjang hari, jadi memulai hari kita dengan pola pikir yang gembira adalah kunci untuk merasa hebat.

Sesuatu yang sederhana seperti menonton video motivasi, berjalan-jalan dengan anjingmu dan keluar menikmati alam, atau hanya bermain dengan anak-anakmu dapat memberi kegembiraan.

Leave a Reply