Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Buah-Buah Ini Ternyata Punya Kandungan Kalsium, Bantu Jaga Kesehatan Gigi

Ilustrasi. (dok. Toothbar)

Topcareer.id – Setiap buah segar memiliki kandungan vitamin tersendiri dan khasiatnya masing-masing. Beberapa jenis buah bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut diperlukan vitamin A, C, dan D, serta mineral, seperti kalsium, fosfor dan fluoride dalam jumlah cukup.

Dosen Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UM Surabaya, Anita Yulfiani menjelaskan delapan buah-buahan yang memiliki vitamin dan mineral yang cukup untuk membantu menjaga kesehatan gigi.

1. Timun suri

Menurut Anita, buah ini termasuk keluarga labu-labuan (Cucurbitaceae), masih satu keluarga dengan buah labu dan melon. Buah yang dengan tekstur daging cenderung lembut dan banyak air ini ternyata tinggi kandungan kalsium yang berperan penting dalam pembentukan jaringan keras di gigi.

“Dalam 100 gram timun suri mengandung 768 mg kalsium. Sedangkan kecukupan kalsium harian orang dewasa sebesar 1000-1200 mg,” kata Anita dikutip dari laman resmi UM Surabaya, Rabu (31/5/2023).

Selain itu, tambah Anita, buah ini juga kaya akan mineral fosfor yang bila diserap oleh tubuh akan berubah menjadi fosfat, lalu bersama-sama dengan kalsium dan vitamin D, fosfat bekerja untuk memperbaiki dan memperkuat tulang dan gigi.

“Timun suri mengandung fosfor sebanyak 422 mcg per 100 gramnya. Sedangkan kecukupan fosfor orang dewasa sebesar 700 mg setiap harinya,”tegasnya lagi.

2. Srikaya

Anita menjelaskan, dengan kandungan kalsium sebanyak 127 mg per 100 gram atau setara dengan 2 buah srikaya segar, buah ini dapat menambah asupan kalsium untuk membantu menjaga kesehatan gigi.

Mengkonsumsi srikaya secara teratur sesuai AKG (Angka Kecukupan Gizi) atau sesuai kebutuhan gizi per hari dari Kemenkes RI, memiliki dampak bagi kesehatan gigi dan mulut.

“Dampaknya adalah mampu memperbaiki kesehatan gigi, membantu mineralisasi gigi dan mencegah pendarahan akar gigi, menunjang pembentukan air liur di rongga mulut dan baik untuk pertumbuhan gigi,”jelasnya lagi.

3. Jambu air

Di dalam 100 gram daging buah jambu air memiliki sejumlah kandungan nutrisi, salah satunya yaitu kalsium sebesar 31mg.
Dalam beberapa jurnal penelitian dijelaskan bahwa dalam jambu air juga mengandung magnesium, fosfor, dan kalium yang memainkan peran penting dalam pembentukan tulang dan menjaga kesehatan gigi.

Baca juga: Bahayanya Percintaan Yang Tidak Sehat

4. Jeruk manis

Anita menuturkan, jeruk memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh. Adapun kandungan gizi pada jeruk yang berkaitan dengan kesehatan gigi dan mulut adalah kalsium: 33 mg, Fosfor: 23 mg dan Vitamin C: 49 mg.

5. Pepaya

Pepaya sangat berguna dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut karena buah ini memiliki kandungan serat dan air yang dapat membantu membersihkan gigi secara alami, sehingga luas permukaan debris yang terbentuk pada permukaan gigi dapat dikurangi dan pada akhirnya kerusakan gigi seperti karies bisa dicegah.

6. Nanas

Buah nanas memiliki kandungan vitamin C yang tinggi untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Dengan memakan irisan nanas, kita dapat menjaga kesehatan gigi dan gusi secara optimal. Mengonsumsi nanas dapat membantu kamu menghilangkan plak dan membuat gigi terlihat jauh lebih putih.

7. Mangga

Masalah mulut dan gigi biasanya disebabkan oleh kekurangan vitamin C, yang menyebabkan pendarahan gusi, ruam, memar, kelemahan dan kelelahan.

Mangga muda kaya akan vitamin C sehingga dapat membantu menyembuhkan masalah tersebut. Mangga muda dapat membantu menjaga kebersihan gigi dan mencegah bau mulut.

8. Salak

Menurut Anita, buah ini mengandung banyak nutrisi yang mampu memberikan gizi yang cukup untuk tubuh. Kandungannya yaitu lemak jenuh, karbohidrat, serat, protein, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, kalsium, besi, kalium, fosfor, magnesium, tembaga, mangan, sistein, lisin, tirosin, dan masih banyak lagi.

“Banyak yang beranggapan kalsium hanya didapatkan dari susu saja, padahal salak juga bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi. Manfaat buah salak termasuk memberikan kalsium yang baik untuk tulang dan gigi,”pungkas Anita.

Leave a Reply