Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, May 8, 2024
redaksi@topcareer.id
SekolahTren

Pendaftaran Seleksi Mandiri Masuk UNAIR Dibuka, Ada 3 Skema

Topcareer.id – Universitas Airlangga membuka pendaftaran mahasiswa baru jalur mandiri melalui 3 skema yang dimulai pada 29 Mei hingga 5 Juli 2023. Jadi, bagi calon mahasiswa yang masih harap-harap cemas menunggu hasil tes SNBT, tak perlu berkecil hati.

Rektor UNAIR, Prof Dr Mohammad Nasih mengatakan bahwa ada 3 skema yang dapat calon mahasiswa pilih. Pertama, jalur nilai UTBK dan TKA.

“Untuk jalur ini nantinya tidak hanya akan melihat berapa nilai UTBK-nya tapi juga kemampuan akademiknya,” kata Mohammad Nasih melalui rilis berita di laman resmi UNAIR, dikutip Jumat (2/6/2023).

Lebih lanjut ia menambahkan, skema pertama ini akan membantu calon mahasiswa dalam beradaptasi di lingkungan kuliah nantinya.

“Kriteria setiap fakultas tentu berbeda, jadi kriteria TKA pada setiap fakultas juga berbeda. Tapi hal ini akan membantu calon mahasiswa untuk beradaptasi waktu kuliah nanti,” ujar Prof Nasih.

Skema kedua adalah jalur seleksi ujian TPA dan TPS. Sedangkan skema ketiga adalah kemitraan jalur ujian tulis. Prof Nasih turut menegaskan bahwa transparansi dan akuntabilitas terus UNAIR jaga.

Baca juga: Mulai Juni Ini, Pendaftaran Gelombang Kartu Prakerja Tiap 2 Minggu Sekali

“Kami akan terus menjaga transparansi dan akuntabilitas jalur mandiri. Setiap informasi yang ada akan kami sampaikan secara terbuka kepada publik,” imbuhnya.

Informasi mengenai jadwal dan ketentuan penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri tertera di website Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) UNAIR.

Pendaftaran mandiri skema pertama sudah dibuka 29 Mei 2023 dan akan ditutup pada 22 Juni 2023. Sementara untuk skema kedua dan ketiga dibuka 29 Mei 2023 dan berakhir pada 5 Juli 2023

Jalur mandiri ini untuk memberikan fasilitas kepada calon mahasiswa baru UNAIR yang mengalami kendala saat mengikuti SNBT.

“Kami memberikan kesempatan untuk calon mahasiswa baru yang kesulitan untuk mengikuti SNBT, mungkin saat itu sedang mengalami masalah atau kendala,” papar Prof Nasih perihal seleksi mandiri UNAIR.

Prof Nasih turut mengungkapkan bahwa penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri tidak menitikberatkan pada besaran Uang Kuliah Awal (UKA).

“Semua tetap berpaku pada kemampuan calon mahasiswa. Kalau hasil tesnya kurang memenuhi kriteria kami tapi UKA-nya besar tetap tidak akan kami terima,” tandas Prof Nasih.

Leave a Reply