Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, April 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Info BeasiswaTren

Lulus SMA Mau Langsung Kuliah di Jerman? Cek Program Studienbrucke

Topcareer.id – Goethe-Institut bekerja sama dengan Dinas Pertukaran Akademis Jerman (DAAD), membuka program pendidikan persiapan kuliah bagi pelajar SMA yang mau kuliah di Jerman. Studienbrucke ini turut berkolaborasi dengan 8 universitas mitra Jerman.

Melalui program ini, para peserta dapat langsung melanjutkan jenjang perkuliahan setelah lulus SMA tanpa harus mengikuti kelas penyetaraan selama setahun terlebih dahulu. Studienbrücke merupakan program resmi yang diinisiasi dan didukung langsung oleh Kementerian Luar Negeri Jerman.

Gregorius Haribudihardjo, Asisten Program Studienbrucke Indonesia menjelaskan, Studienbrucke mempersiapkan para siswa-siswi kelas 8 SMP hingga kelas 11 SMA yang ingin meneruskan pendidikan ke jenjang kuliah dalam bidang matematika, informatika, ilmu pengetahuan alam, teknik atau ekonomi di perguruan tinggi mitra di Jerman.

“Program ini meliputi kemampuan berbahasa Jerman, penguasaan bahasa kejuruan, dan budaya belajar agar peserta mampu untuk langsung memulai kuliah jenjang Sarjana di salah satu perguruan tinggi mitra, khususnya dalam bidang matematika, informatika, ilmu pengetahuan alam, teknik, atau ekonomi,” kata Gregorius melalui siaran pers, dikutip Senin (12/6/2023).

Studienbrucke bekerja sama dengan beberapa universitas mitra, seperti:

1. RuhrUniversitat Bochum,
2. Universität Duisburg-Essen,
3. Technische Universitat Dortmund,
4. Europa-Universität Viadrina Frankfurt (Oder),
5. RWTH Aachen,
6. Universität Siegen,
7. Rheinische Friedrich-Wilhelms-Universität Bonn, dan
8. Bauhaus-Universität Weimar.

Baca juga: Waspada! Kemendikbudristek Cabut Izin Kampus Swasta Bermasalah

Setiap tahunnya, universitas mitra tersebut menyediakan kuota perkuliahan bagi para peserta yang berhasil lulus program Studienbrucke.

Program ini ditujukan kepada siswa-siswi SMA di Indonesia yang mempelajari ilmu pengetahuan alam dan ekonomi serta memenuhi persyaratan sebagai berikut: Memiliki tingkat bahasa Jerman B1 di kelas 10, tingkat Bahasa Jerman B2.4 paling lambat pada akhir kelas 11, atau tingkat bahasa Jerman C1.1 pada awal kelas 12.

Selain itu, syarat lainnya ialah memiliki nilai minimal 85 untuk mata pelajaran matematika, fisika, kimia, biologi, dan informatika.

Setelah berhasil menyelesaikan program Studienbrucke, proses selanjutnya adalah pendaftaran pada satu perguruan tinggi mitra di Jerman.

Adapun sejumlah unit program yang harus diselesaikan antara lain, kursus bahasa Jerman hingga tingkat B2 atau C1, bahasa kejuruan matematika, bahasa kejuruan dalam salah satu mata pelajaran informatika, pengetahuan alam, teknik, atau ekonomi, serta menyelesaikan persiapan ujian bahasa (TestDaF) dan persiapan ujian kompetensi keilmuan (TestAS), termasuk pelatihan komunikasi antar budaya dan bimbingan perkuliahan.

Dan yang terpenting adalah peserta bisa menyelesaikan ujian TestAS dan ujian TestDaF sesuai dengan persyaratan dari perguruan tinggi mitra.

Leave a Reply