Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, May 30, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Cek Kesehatan Jantung Bisa Pakai Cara Ini

Ilustrasi kesehatan jantung.Ilustrasi kesehatan jantung (Pexels)

Topcareer.id – Mengecek kesehatan jantung itu perlu, apalagi ini organ yang paling penting di tubuh. Biasanya cek kesehatan secara lengkap bisa ke rumah sakit untuk medical checkup, tapi ada cara lain dan nggak harus ke rumah sakit untuk cek kesehatan jantung.

Sebuah studi yang dirilis oleh European Society of Cardiology, menyarankan untuk menguji dirimu di tangga terdekat.

Para peneliti itu mengatakan, jika kamu dapat menaiki empat flight of stairs (diartikan sebagai serangkaian anak tangga, antara satu lantai atau landasan dan lantai berikutnya.) dalam waktu kurang dari satu menit, jantung dan sistem kardiovaskularmu dalam kondisi sangat baik.

Namun, jika empat flight of stairs memakan waktu lebih dari satu setengah menit, mungkin sudah waktunya untuk mulai memikirkan perubahan gaya hidup.

“Tes tangga adalah cara mudah untuk memeriksa kesehatan jantungmu,” kata penulis studi Dr. Jesús Peteiro, seorang ahli jantung di University Hospital A Coruña di Spanyol, dalam rilisnya, mengutip laman Ladders.

“Jika kamu membutuhkan lebih dari satu setengah menit untuk menaiki empat anak tangga, kesehatanmu kurang optimal, dan sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter.”

Baca juga: Periksa Tekanan Darah Ada Hari Baiknya Lho, Kapan Ya?

Jelas, ada cara yang lebih ilmiah dan analitis untuk menilai kesehatan jantung seseorang, tetapi semua rute tersebut mengharuskan orang untuk benar-benar mengunjungi dokter.

Penulis penelitian ingin mengidentifikasi aktivitas sehari-hari di dunia nyata yang mampu mengukur organ penting satu ini secara akurat.

“Idenya adalah untuk menemukan metode sederhana dan murah untuk menilai kesehatan jantung. Ini dapat membantu dokter melakukan triase pasien untuk pemeriksaan yang lebih ekstensif,” tambah Dr. Peteiro.

Dari genetika dan BMI hingga kebiasaan diet dan tingkat olahraga, banyak yang berkontribusi pada kesehatan jantung seseorang. Ketika berhenti untuk mempertimbangkan semua faktor ini, mudah untuk menjadi kewalahan oleh semua elemen yang berbeda untuk diperhitungkan.

“Tes tangga” ini merupakan cara mudah bagi siapa saja untuk dengan cepat mengetahui posisi mereka dari perspektif kardiovaskular.

Leave a Reply