Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, May 1, 2024
redaksi@topcareer.id
LifestyleTren

Ragam Teknik Memasak Daging Kurban yang Menggugah Selera

Dok/Healthline

Topcareer.id – Lebaran Iduladha identik dengan makan-makan sambil ngumpul bareng keluarga. Bahkan, banyak yang masak besar untuk menyajikan hidangan khas hewan kurban, seperti daging sapi dan kambing.

Ada berbagai cara untuk mengolah daging kurban agar menciptakan rasa yang lezat, seperti yang dijelaskan oleh Dosen Program Studi Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Universitas Airlangga (UNAIR), Lailatul Muniroh.

Lailatul mengatakan, beragam teknik memasak daging kurban yang bisa menjadi referensi oleh masyarakat, di antaranya memanggang, merebus, menggoreng, serta bakar.

“Proses pengolahan daging kurban yang baik tergantung pada preferensi masing-masing, penggunaan jenis daging, dan resep yang diikuti,” kata dia, dikutip dari laman resmi UNAIR, Selasa (27/6/2023).

1. Pembakaran

Menurut Lailatul, metode pengolahan dengan pembakaran menjadi salah satu yang paling populer, salah satunya dengan membuat sate.

Metode pembakaran di atas bara api atau grill akan menghasilkan daging dengan cita rasa khas yang kaya dan aroma yang lezat. Daging bakar yang baik memiliki lapisan luar yang renyah dan tetap lembut di dalam.

2. Menggoreng

Lailatul membeberkan, menggoreng potongan daging kurban di dalam minyak panas adalah metode yang menghasilkan hidangan dengan tekstur renyah di luar dan lembut di dalam. Proses penggorengan juga dapat memberikan rasa karamelisasi pada permukaan daging yang meningkatkan kelezatan hidangan.

Baca juga: Musik Yang Meningkatkan Fokus Bukan Musik Klasik, Ini Bocorannya

“Daging goreng yang baik dapat menghasilkan hidangan yang cepat saji dengan waktu persiapan yang relatif singkat,” ujarnya.

3. Merebus

Merebus daging kurban dalam air atau kaldu, kata dia, merupakan metode yang cocok untuk membuat sop, gulai, atau hidangan yang rebus lainnya. Metode ini dapat menghasilkan kuah yang kaya rasa dan membantu melembutkan potongan daging yang lebih keras.

4. Memanggang

Lailatul melanjutkan, metode memanggang dapat menghasilkan daging yang empuk dan lezat dengan kulit yang renyah serta mempertahankan kelembapan dan gizi daging yang baik. Namun bagaimanapun cara pengolahannya, ia berpesan untuk tetap mengonsumsi dengan porsi dan kadar yang sesuai.

“Porsi yang sesuai dengan kebutuhan zat gizi dan kalori individu. Hindari porsi yang berlebihan yang dapat menyebabkan kelebihan kalori dan masalah kesehatan terkait,” tutup dia.

Leave a Reply