Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, April 21, 2024
redaksi@topcareer.id
LifestyleTren

Hati-Hati, Berlebihan Makan Daging Bisa Timbulkan 9 Risiko Kesehatan

Sumber foto: freepik.comSumber foto: freepik.com

Topcareer.id – Hari Raya Iduladha pasti akrab dengan ‘nyate’ atau makan-makan daging, ya kambing atau sapi. Eits, tapi ingat jangan berlebihan ya. Meski daging merupakan makanan yang tinggi protein, tapi kalau dikonsumsi secara berlebihan bisa menimbulkan penyakit.

Seperti yang dikatakan oleh Dede Nasrullah, Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) UM Surabaya bahwa seseorang yang berlebihan makan daging kurban berisiko terkena penyakit. Menurutnya, kandungan lemak dan protein yang tinggi dalam daging itulah yang perlu diwaspadai.

Berikut ini sejumlah risiko penyakit yang muncul jika berlebihan konsumsi daging:

1. Sembelit atau konstipasi

Dede menyampaikan, hal ini bisa terjadi karena daging tidak memiliki serat yang dapat membantu untuk melancarkan pencernaan. Oleh karena jika seseorang banyak mengkonsumsi daging maka seseorang bisa mengkombinasikan dengan mengkonsumsi sayuran dan buah- buahan.

2. Masalah pencernaan

“Kedua akan muncul masalah pencernaan, terlalu banyak mengkonsumsi daging yang mengandung protein hewani namun rendah serat, maka pencernaan dalam tubuh kita akan bermasalah dikarenakan bakteri dalam perut yang tidak cukup mendapatkan nutrisi serat tersebut,” kata Dede, dikutip dari laman resmi UM Surabaya.

3. Dehidrasi

Menurut Dede, pencernaan protein membutuhkan energi besar, dan membutuhkan air untuk membuang kelebihan nitrogen dari hasil pemecahan molekul protein di dalam usus.

4. Tingkatkan risiko kolesterol

Berlebihan makan daging, kata Dede, bisa meningkatkan risiko penyakit yang berkaitan dengan kolesterol dan lemak seperti penyakit jantung sehingga menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

Baca juga: Ragam Teknik Memasak Daging Kurban Yang Menggugah Selera

5. Keringat berlebih

Ternyata, kebanyakan konsumsi daging bisa menimbulkan keringat berlebih dan dapat memicu bau badan yang tidak sedap. Saat makan daging, tubuh harus mengeluarkan energi untuk mencerna dan memproses sehingga menyebabkan seseorang mudah berkeringat dan dapat memicu bau badan yang tidak sedap.

6. Mudah lelah

Dede menyebut, hal ini diakibatkan semua energi dikeluarkan untuk mencerna makanan yang banyak mengandung daging. Selain itu., daging sapi mengandung triptofan yang tinggi sehingga jika mengkonsumsi terlalu banyak badan akan terasa lelah dan akan memunculkan rasa kantuk setelah makan.

7. Risiko kanker

Dalam beberapa kasus pengelolaan daging dapat membentuk senyawa karsinogenik seperti amina heterosiklik (HCA) dan hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH).

”HCA terbentuk saat daging dimasak pada suhu tinggi, sedangkan PAH terbentuk saat pembakaran zat organik pada daging, sehingga meningkatkan resiko kanker,” ujar Dede.

8. Risiko penyakit batu ginjal

Protein yang berlebih dikarenakan mengkonsumsi daging dapat mempengaruhi ginjal karena senyawa purin dari daging dapat membentuk asam urat yang dapat meningkatkan risiko batu ginjal.

9. Kenaikan berat badan

“Terakhir dapat menyebabkan kenaikan berat badan, mengkonsumsi daging yang berlebih dapat meningkatkan berat badan, terutama daging yang masih mengandung banyak lemak di setiap potongannya,” tandasnya.

Leave a Reply