Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, April 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Menhub: Uji Coba Operasional LRT Jabodebek 12 Juli, Tarif 1 Rupiah

Menhub, Budi Karya Sumadi dan PJ Gubernur Heru tinjau proyek LRT Jabodebek, Rabu, 28-6-2023.Menhub, Budi Karya Sumadi dan PJ Gubernur Heru tinjau proyek LRT Jabodebek, Rabu, 28-6-2023. (dok. Kemenhub)

Topcareer.id – Saat melakukan inspeksi ke proyek pembangunan LRT Jabodebek pada Rabu (28/7/2023), Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa target operasi secara komersial pada Agustus 2023, sementara akan ada uji coba operasional terbatas mulai 12 Juli dengan tarif Rp1.

“Pada tanggal 12 juli nanti, kita mulai lakukan uji coba operasional terbatas dengan tarif 1 rupiah yang dilakukan oleh KAI. Diharapkan pada 18 Agustus 2023 akan diresmikan oleh Bapak Presiden Jokowi dan beroperasi secara komersial,” kata Menhub melalui siaran pers.

Menhub bersama PJ Gubernur DKI dan jajaran terkait, menaiki LRT Jabodebek dari Stasiun Dukuh Atas, Jakarta menuju Stasiun Jatimulya, Bekasi Timur dan kembali ke Stasiun Halim, Jakarta.

Menhub mengatakan, perjalanan dapat ditempuh dengan waktu yang lebih singkat dibandingkan menggunakan kendaraan pribadi.

Tercatat, waktu tempuh perjalanan dari Stasiun Dukuh Atas, Jakarta ke Stasiun Harjamukti, Cibubur adalah 39 menit. Sementara dari Stasiun Dukuh Atas, Jakarta ke Stasiun Jatimulya, Bekasi Timur adalah 43 menit.

“Ini lebih cepat dibandingkan menggunakan kendaraan sekalipun lewat tol, yang waktu tempuhnya bisa sekitar dua jam. Dengan naik LRT mampu memangkas waktu sepertiganya. Ini angka yang signifikan,” jelas Menhub.

Baca juga: Google Bakal PHK Pekerja Di Unit Iklan Aplikasi Waze

Lebih lanjut Menhub mengungkapkan, LRT Jabodebek mampu mengangkut hingga 500 ribu penumpang per hari. Sehingga jika digabung dengan 1,2 juta penumpang KRL Jabodetabek, total akan ada 1,7 juta penumpang per hari yang diangkut menggunakan kedua angkutan massal tersebut.

“Kami ingin pastikan konektivitas melalui angkutan massal ini dapat dilakukan lebih baik, sehingga masyarakat yang beralih ke angkutan massal semakin banyak. Karena ongkos yang harus dibayar tinggi sekali apabila menggunakan kendaraan pribadi. Kalau naik LRT bisa lebih murah, cepat, tidak macet dan bebas polusi,” ucap Menhub.

Pada kesempatan yang sama, PJ Gubernur DKI Heru Budi Hartono menyampaikan, mendukung penuh pembangunan LRT Jabodebek dalam rangka mengurangi kemacetan di kota Jakarta dan kota di sekitarnya.

“Terima kasih kepada pemerintah pusat dan pak Menhub yang telah membangun LRT Jabodebek. Semoga bisa bermanfaat untuk masyarakat yang bekerja dan beraktivitas di Jakarta dan sekitarnya. Mari kita manfaatkan bersama dan rawat dengan baik hasil karya anak bangsa,” pungkas dia.

Leave a Reply