Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, April 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

KAI Catat Lonjakan Penumpang Periode Long Weekend Iduladha, Ini Rute Favoritnya

Ilustrasi KAI akan beri denda pada penumpang kereta api yang sengaja melebihi relasi.Ilustrasi KAI akan beri denda pada penumpang kereta api yang sengaja melebihi relasi. (dok. KAI)

Topcareer.id – Pada periode memasuki long weekend libur Iduladha 2023, PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat adanya lonjakan penumpang, yakni pad Selasa (27/6/2023) sebanyak 159.838 pelanggan KA Jarak Jauh. Angka ini meningkat 66% dibanding Selasa pekan sebelumnya yang berjumlah 96.416 penumpang.

VP Public Relations KAI, Joni Martinus mengatakan bahwa berdasarkan pantauan pada Rabu (28/6/2023), total tiket KA jarak jauh yang terjual pada periode long weekend, Selasa hingga Minggu (27 Juni – 2 Juli 2023), yakni sebanyak 703.431 tiket atau rata-rata 117.238 tiket per hari.

“Jumlah tersebut 93% dari total keseluruhan tiket KA Jarak Jauh yang tersedia sebanyak 754.450 tiket,” kata Joni Martinus melalui siaran pers, dikutip Jumat (30/6/2023).

Sejauh ini rute favorit masyarakat pada periode long weekend tersebut adalah Jakarta – Bandung pp, Jakarta – Purwokerto pp, Jakarta – Surabaya pp, Medan – Tanjungbalai pp, Yogyakarta – Banyuwangi pp, Bandung – Surabaya pp, dan relasi lainnya.

Joni lebih lanjut menyampaikan, pada periode long weekend Iduladha 2023, yakni Selasa sampai Minggu (27 Juni – 2 Juli), KAI mengoperasikan 1.340 Kereta Api Jarak Jauh.

Baca juga: Marak Praktik Calo Tiket Konser, Kemenparekraf Perangi Pakai Cara Ini

Terdapat penambahan 18 perjalanan KA dibanding pekan sebelumnya, yaitu Selasa hingga Minggu (20-25 Juni) sebanyak 1.322 perjalanan KA.

Kereta api yang ditambah perjalanannya, yaitu KA Argo Parahyangan (Gambir – Bandung pp), KA Manahan (Gambir – Solo Balapan pp), KA Pandalungan (Gambir – Jember pp), KA Sancaka (Yogyakarta – Surabaya Gubeng pp), dan KA Kaligung (Semarang Poncol – Cirebon Prujakan pp).

KAI mengimbau kepada pelanggan agar mengalokasikan waktu yang cukup saat menuju ke stasiun keberangkatan. Hal ini sebagai upaya agar pelanggan tidak tertinggal keretanya. Mengingat kepadatan jalan raya yang cenderung semakin meningkat di momen libur panjang seperti saat ini.

“Kami berkomitmen memastikan perjalanan kereta api khususnya di momen long weekend Idul Adha ini dapat berjalan dengan selamat, aman, lancar, tertib, dan terkendali,” ujar Joni.

Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal dan rute alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan.

Leave a Reply