Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, May 1, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Kebanyakan Makan Daging? Dosen UM Surabaya Bagikan Tips Cegah Sembelit

Ilustrasi kebanyakan makan daging bisa akibatkan sembelit.Ilustrasi daging-meat. (Pexels)

Topcareer.id – Hal yang mungkin akan sering dikeluhkan ketika berlebihan konsumsi daging merah, yakni kostipasi atau sembelit. Kondisi susah buang air besar (BAB) ini disebabkan daging memiliki kandungan lemak yang tinggi.

Menurut Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) UM Surabaya, Ira Purnamasari, daging yang tinggi lemak membuat sistem pencernaan membutuhkan waktu lebih lama dalam proses pencernaan makanan.

Selain itu, masih menurut Ira, daging merah juga mengandung serat protein yang keras dan zat besi yang tinggi sehingga mengakibatkan feses menjadi lebih keras dan menggumpal.

“Kondisi tersebut mengakibatkan usus harus bekerja lebih ekstra dalam mengeluarkan feses,” kata Ira dikutip dari rilis berita di laman resmi UM Surabaya, Jumat (30/6/2023).

Ira lantas berbagi tips mencegah terjadinya sembelit:

1. Konsumsi air putih

Ira mengatakan, dengan memenuhi asupan cairan minimal 2 liter per hari dapat mencegah seseorang dari susah buang air besar, sekaligus menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Baca juga: Ragam Teknik Memasak Daging Kurban Yang Menggugah Selera

2. Konsumsi buah dan sayur

Seperti yang kita tahu bahwa buah dan sayur mengandung serat yang dapat melunakkan feses sehingga feses dapat lebih mudah dikeluarkan.

“Salah satunya buah pepaya yang sudah tidak diragukan fungsinya dalam melancarkan BAB. Sayuran hijau juga mengandung tinggi serat yang baik dikonsumsi untuk melancarkan BAB,” ujar dia.

3. Konsumsi probiotik

Tempe merupakan makanan fermentasi yang terbuat dari kacang kedelai, mengandung probiotik atau bakteri baik yang tentunya baik untuk sistem pencernaan. Probiotik dapat membantu memperbaiki frekuensi BAB menjadi lebih teratur.

“Sama seperti tempe, yogurt juga mengandung probiotik yang dapat membantu melancarkan proses pencernaan,” ucap Ira.

Leave a Reply