Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, May 30, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Jangan Bingung Jawab “Berapa Gaji yang Anda Inginkan?” Gini Caranya

Ilustrasi interview yang bertanya "Berapa gaji yang diinginkan?"Interview kerja. (Pexels)

Topcareer.id – “Berapa gaji yang Anda inginkan? Apa target kompensasi Anda?” Ini adalah pertanyaan umum yang mungkin dihadapi oleh pencari kerja pada lamaran pekerjaan atau dalam pertanyaan wawancara saat berbicara dengan manajer perekrutan.

Bagaimana tanggapanmu? Bagaimana jika kamu memberi tahu gaji yang terlalu tinggi? Atau terlalu rendah? Melansir laman Elpha, berikut bagaimana menjawab gaji yang diinginkan saat interview maupun dalam pertanyaan di aplikasi.

Bagaimana kamu menjawab pertanyaan gaji yang diinginkan dalam sebuah wawancara?

Biasanya demi kepentingan terbaik, calon bosmu membagikan jangkauan mereka terlebih dahulu. Jika tawaran mereka dengan gaji lebih tinggi dari yang kamu usulkan, kamu baru saja mendapatkan surplus.

Jika tawaran gaji dari mereka lebih rendah dari apa yang akan kamu usulkan, itu masih bagus untuk diketahui, dan kamu dapat bernegosiasi untuk sampai di targetmu (jika mereka tidak mau bernegosiasi hingga targetmu, tidak ada gunanya berbagi target).

Seorang anggota Elpha membagikan beberapa kisah negosiasi gaji. Anggota Elpha lainnya membagikan praktik terbaik untuk membuat perusahaan membagikan angka gaji mereka terlebih dahulu.

Berikut adalah bahasa yang disarankan ketika kamu ditanya “Berapa gaji yang Anda inginkan?”:

“Saya ingin lebih memahami pekerjaan itu sehingga saya dapat berbagi ekspektasi gaji yang lebih sesuai dan lebih jauh dalam percakapan kita”

“Saya fleksibel untuk peran yang tepat”

“Saya bersedia mempertimbangkan tawaran yang menurut Anda adil”

“Saya biasanya meminta diskusi gaji ketika saya menerima tawaran pekerjaan – apakah itu yang terjadi di sini?”

Baca juga: Ciri-Ciri Teman Kantor Yang Cemburu Dengan Kerjaanmu (Bagian 1)

Berikut adalah bahasa yang disarankan untuk membuat perusahaan membagikan angka mereka terlebih dahulu:

“Berapa anggaran yang dialokasikan untuk posisi ini?”

“Saya ingin paket kompensasi saya sesuai dengan apa yang akan Anda bayarkan kepada seseorang dengan pengalaman saya di perusahaan Anda. Seperti apa kisaran itu di sini?”

“Saya fleksibel – akan senang mendengar apa yang Anda pikirkan”

“Bagikan apa yang Anda pikirkan, dan saya dapat membagikan umpan balik saya”

Di luar gaji pokok itu sendiri, pertimbangkan seluruh tawaran (cuti berbayar, ekuitas, bonus, perawatan kesehatan, komisi, fleksibilitas lokasi, dll.) dan cobalah membuat perusahaan mengungkapkan lebih banyak tentangnya dengan mengatakan sesuatu seperti “gaji saja kurang penting untuk saya daripada keseluruhan paket, ingin lebih memahami apa lagi yang Anda tawarkan.”

Apa yang harus kamu isi untuk pertanyaan gaji yang kamu inginkan pada form?

Terkadang lamaran kerja online meminta kompensasi yang kamu inginkan bahkan sebelum kamu berbicara dengan siapapun dari perusahaan. Jika itu adalah teks bebas bidang gaji yang diinginkan, default untuk menulis “gaji bisa dinegosiasikan.”

Leave a Reply