Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, February 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Menaker Ida Ungkap Tantangan Penurunan Pengangguran di Indonesia

Menaker Ida Fauziyah sebut Kemnaker terus evaluasi tata kelola penempatan pekerja migran Indonesia.Menaker Ida Fauziyah sebut Kemnaker terus evaluasi tata kelola penempatan pekerja migran Indonesia. (dok. Kemnaker)

Topcareer.id – Menurut Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah, pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang berkarakter jadi tantangan bangsa di era digitalisasi ini. Ia juga menyebut apa tantangan yang muncul soal penurunan pengangguran di Indonesia.

Ida mengatakan, tantangan yang muncul bukan hanya untuk berkompetisi, melainkan SDM yang juga dapat memenangkan kompetisi.

“Suatu kompetensi tentu saja dimenangkan oleh individu yang unggul, sebab hanya SDM yang unggul dan berkarakter mampu bertahan, bahkan memenangkan segala bentuk kompetisi global,” kata Menaker Ida Fauziyah melalui siaran pers, Senin (7/8/2023).

Baca juga: Menaker Optimis Bisa Manfaatkan Bonus Demografi Untuk Indonesia Emas 2045

Menaker Ida mengungkapkan, salah satu tantangan dalam penurunan pengangguran di Indonesia, adalah pengangguran yang mengalami hopeless of job. Ini adalah kondisi di mana pengangguran merasa tak akan mungkin memperoleh pekerjaan.

Ia menyambung, karena rendahnya tingkat pendidikan itu mengindikasikan bahwa mereka tak akan dapat menyiapkan dirinya masuk ke pasar kerja.

“Untuk itulah peran Fakultas Psikologi harus dapat menyikapi permasalahan akibat adanya hopeless of job tersebut,” kata Menaker.

Menaker menekankan, masalah ketenagakerjaan harus menjadi tantangan bersama bagi perguruan tinggi untuk berkontribusi, menyiapkan SDM, membangun, dan menjaga motivasi generasi angkatan kerja.

Leave a Reply