Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, April 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Info Beasiswa

LRT Jabodebek Alami Banyak Gangguan, Begini Tanggapan Presiden

Roda LRT Jabidebek cepat aus, DJKA mempercepat proses perawatan sarana.Presiden Joko Widodo Roda LRT Jabidebek cepat aus, DJKA mempercepat proses perawatan sarana. (dok. Kemenhub)

Topcareer.id – Beberapa hari beroperasi setelah dioperasikan, LRT Jabodebek mendapat banyak keluhan dari para penggunanya. Presiden Joko Widodo pun memberikan tanggapannya atas sejumlah gangguan tersebut.

Menurut Presiden Jokowi, gangguan tersebut akan menjadi bahan evaluasi dan diperbaiki oleh semua pihak terkait.

“Bahwa ada kekurangan, ya itu koreksi. Bahwa ada kekurangan, itu akan kita evaluasi dari INKA, evaluasi dari KAI,” kata Presiden Jokowi dalam keterangan pers, Kamis (31/8/2023).

Presiden lebih lanjut menuturkan, ini merupakan kali pertama Indonesia memiliki moda transportasi LRT yang digerakkan secara otomatis tanpa masinis.

Selain itu, kata Presiden, LRT tersebut juga merupakan produk dalam negeri yang harus berani untuk dicoba dan digunakan oleh bangsa Indonesia.

“Ya kan sudah saya sampaikan sejak awal bahwa ini adalah kita pertama kali memiliki LRT tanpa masinis, semuanya dioperasikan lewat operation control center di Bekasi. Jadi saya ulang lagi, kalau kita tidak berani menggunakan produk dalam negeri, untuk dalam hal ini LRT, kapan kita akan mencoba? Kapan kita akan berani memulai?” Jelasnya.

Baca juga: LRT Jabodebek Siap Melayani Di 18 Stasiun, Beroperasi Hingga 23.30

Presiden Jokowi mencontohkan kereta cepat TGV (Train à Grande Vitesse) di Perancis atau kereta cepat Shinkansen di Jepang juga membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menjadi seperti sekarang. Oleh karena itu, Presiden mendorong semua pihak agar dapat terus mendukung produk dalam negeri.

“Di Jepang apa buat mobil langsung bagus seperti sekarang ini? Berpuluh tahun. Shinkansen juga berpuluh tahun. TGV juga sama seperti itu. Saya ngerti karena saya datang ke mereka, mengetahui tahapan-tahapannya. Kalau kita tidak berani memulai, dan setiap ada kekurangan kita langsung bully, orangnya kan tidak berani mencoba membuat sesuatu,” tegasnya.

Untuk diketahui, berdasarkan keterangan dari PT Kereta Api Indonesia, antusiasme masyarakat dalam mencoba LRT Jabodebek sejak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Senin (28/08/2023) cukup tinggi. Sampai dengan hari kedua, volume penumpang LRT Jabodebek mencapai 28.925 penumpang.

Leave a Reply