Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, April 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Menganggap Remeh Elemen LinkedIn Ini Bisa Rusak Peluang Kerja

LinkedIn lakukan PHK putaran kedua, pangkas 668 karyawan.LinkedIn lakukan PHK putaran kedua, pangkas 668 karyawan. (Sumber foto: Business LinkedIn)

Topcareer.id – Sudah tak bisa lagi dipungkiri bahwa profil LinkedIn jadi salah satu jalan untuk menuju karier yang diimpikan. Sehingga profil LinkedIn ini harus menarik perhatian dan informatif karena sebagai jembatan untuk tahapan selanjutnya. Sayangnya, ada elemen LinkedIn yang sering dilupakan.

Menurut Pakar Karier LinkedIn, Andrew McCaskill mengatakan bahwa elemen keterampilan sering kali membuat para pencari kerja gagal.

“Jika kamu tidak menyertakan keterampilan atau kata kunci yang dicari oleh manajer perekrutan di profil LinkedInmu, kamu secara otomatis mendiskualifikasi dirimu dari peluang tersebut,” kata McCaskill dikutip laman CNBC Make It.

Menurut Jobscan, 87% perekrut menggunakan LinkedIn untuk mencari dan memeriksa kandidat pekerjaan.

Orang-orang dengan lima keterampilan atau lebih yang tercantum di profil mereka, menurut laporan LinkedIn, dihubungi hingga 33x lebih banyak oleh perekrut dan anggota LinkedIn lainnya dan menerima tampilan profil 17x lebih banyak, dibandingkan mereka yang memiliki keterampilan lebih sedikit yang terdaftar.

Lebih lanjut McCaskill menjelaskan bahwa saat perekrut mencari kandidat pekerjaan di LinkedIn, mereka biasanya mencari orang berdasarkan lokasi, keterampilan, dan kata kunci lain dalam deskripsi peran tersebut.

Keterampilan tersebut diambil langsung dari bagian keterampilan pengguna di profil mereka — jadi jika kamu memiliki kurang dari lima keterampilan yang terdaftar, atau belum memperbarui bagian tersebut dalam beberapa bulan, kamu mungkin tidak akan muncul di hasil pencarian perekrut.

Agar LinkedIn menganggap profil kamu “lengkap”, kamu harus mencantumkan setidaknya lima keterampilan.

Baca juga: LinkedIn Sedang Uji Iklan Video Di Layanan Streaming

Cara meretas algoritma perekrut LinkedIn

Kamu dapat menambahkan hingga 50 keterampilan ke profil LinkedInmu, namun 10 keterampilan pertama adalah yang paling penting, karena keterampilan tersebut muncul di bagian atas bagian keterampilan di profil, bersama dengan dukungan terperinci yang kamu terima untuk keterampilan tersebut dari koneksimu.

“Meskipun dukungan keterampilan tidak harus dimiliki, dukungan tersebut dapat membantumu mendapatkan peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian LinkedIn,” kata McCaskill.

Salah satu cara untuk mendapatkan dukungan adalah dengan mendukung orang lain atas keterampilan yang kamu tahu mereka miliki, karena mereka sering kali akan membalas dan menambahkan dukungan untukmu.

Atau, kata McCaskill, kamu dapat meminta rekan kerja dari posisi sebelumnya, teman yang bekerja di industrimu, atau klien yang memiliki hubungan kerja positif denganmu untuk mendapatkan dukungan keterampilan.

Beberapa keterampilan yang paling banyak dibutuhkan oleh perusahaan adalah komunikasi, manajemen proyek, kepemimpinan, analisis data, dan AI, menurut data dari LinkedIn dan Resume Genius.

Leave a Reply