Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, July 22, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

7 Tips Menjaga Kesehatan Organ Pernapasan

Organ pernapasan, salah satunya paru-paruOrgan pernapasan, salah satunya paru-paru. (Pexels)

Topcareer.id – Organ-organ pernapasan yang perlu dijaga, bukan hanya paru-paru saja, melainkan juga termasuk mulut, hidung, juga tenggorokan. Pernapasan adalah kegiatan mengambil udara (inspirasi) dan mengeluarkan udara (ekspirasi) melalui alat pernapasan.

Ners UM Surabaya Saiful Anam mengatakan gangguan pernapasan pada organ-organ pernapasan dapat menganggu aktivitas sehari-hari dan itu menjadi perhatian. Maka sebelum hal itu terjadi sebaiknya seseorang menjaga organ pernapasan dengan baik agar tetap sehat.

Berikut adalah tips menjaga organ pernapasan agar tetap sehat:

1. Berolahraga

Menurut Saiful, rutin berolahraga adalah cara menjaga organ pernapasan yang sangat efektif. Sebab dengan aktif bergerak, sirkulasi di tubuh akan berjalan dengan lancar. Dengan begitu, organ pernapasan terutama paru-paru akan selalu terjaga kesehatannya.

2. Tidak merokok

Merokok adalah penyebab utama kanker paru-paru dan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), yang meliputi bronkitis kronis dan emfisema. Asap rokok dapat mempersempit saluran udara dan membuat pernapasan lebih sulit.

“Ini menyebabkan peradangan kronis, atau pembengkakan di paru-paru yang dapat menyebabkan bronkitis kronis. Seiring waktu asap rokok menghancurkan jaringan paru-paru dan dapat memicu perubahan yang tumbuh menjadi kanker,” kata Saiful dalam rilis berita, dikutip Jumat (8/9/2023).

3. Kurangi konsumsi makanan/minuman dingin

Saiful meyampaikan untuk mengurangi konsumsi makanan dan minuman dingin mengingat jarigan paru-paru sensitif pada dingin. Ia menyebut, mengkonsumsi makanan atau terlalu sering konsumsi air dingin bisa memicu meningkatnya sakit tenggorokan dan hidung tersumbat.

“Minum air dingin, terutama setelah makan, menghasilkan penumpukan lendir berlebih (mukosa pernapasan), yang membentuk lapisan pelindung saluran pernapasan. Namun, ketika saluran tersumbat, ia menjadi rentan terhadap banyak infeksi,” imbuhnya lagi.

Baca juga: Polusi Udara Bisa Sebabkan Penuaan Dini, Ini Tips Mencegahnya

4. Konsumsi makanan bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi juga sangat berpengaruh pada kesehatan organ pernapasan.Salah satunya dengan mengkonsumsi buah dan sayur untuk menjaga nutrisi dalam tubuh tetap seimbang. Orang yang kekurangan nutrisi, terbukti lebih rentan mengalami berbagai gangguan pernapasan.

Beberapa vitamin dan mineral yang penting untuk menjaga organ pernapasan antara lain adalah: Vitamin, A, C, E, zink, kalium, selenium, magnesium.

5. Hindari paparan polusi

Menurut Saiful, paparan polusi udara dapat merusak paru-paru dan mempercepat penuaan. Saat masih muda dan kuat, paru-paru secara alami dapat dengan mudah menahan racun ini. Namun, seiring bertambahnya usia, organ pernapasan bisa kehilangan sebagian dari resistensi itu menjadi lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit.

6. Rajin mencuci tangan

Bagi sebagian orang cuci tangan mungkin dianggap sebagai aktivitas yang remeh. Penularan virus dan bakteri penyebab infeksi saluran pernapasan bisa dengan perantara benda-benda yang sudah terpapar virus atau bakteri dari penderita infeksi saluran pernapasan.

Oleh sebab itu dengan rajin mencuci tangan dapat mencegah virus atau bakteri masuk ke dalam tubuh terutama di saluran pernapasan.

7. Latihan pernapasan

Fungsi paru-paru dalam proses pernapasan sangatlah penting, yaitu sebagai tempat pertukaran udara. Dalam menjalankan fungsinya tersebut, paru-paru juga didukung oleh berbagai jaringan dan otot pernapasan.

Namun, fungsi paru-paru bisa menurun seiring pertambahan usia atau akibat penyakit tertentu. Salah satu cara untuk menjaga fungsi organ tersebut adalah dengan latihan pernapasan.

Latihan ini melibatkan diafragma dan bagian perut. Jika dilakukan dengan benar dan rutin, latihan diafragma bisa membantu meningkatkan fungsi paru-paru. Untuk melakukannya, mulai dengan duduk santai sambil meletakkan satu tangan di perut dan satu lagi di dada.

Leave a Reply