Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, July 13, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Sukses di Tempat Kerja Bisa Dimulai dengan 3 Rutinitas Malam Ini

Ilustrasi rutinitas di rumah pengaruhi sukses di tempat kerja. - ilustrasi work life balance- keseimbangan kehidupan kerjaIlustrasi rutinitas di rumah pengaruhi sukses di tempat kerja. - ilustrasi work life balance- keseimbangan kehidupan kerja. (Pexels)

Topcareer.id – Demi mendapatkan produktivitas kerja atau sukses di tempat kerja kamu perlu rela mengubah rutinitas harianmu, termasuk rutinitas setelah bekerja. Menurut pakar, bahkan kebiasaan 5-9 (setelah pulang kerja) bisa berdampak signifikan pada kinerjamu pada 9-5 (saat kerja).

Hal itu seperti yang dikatakan oleh Pakar Pengambilan Keputusan dan Penulis Buka Terlaris New York Times “Atomic Habits,” James Clear. Ia telah mempelajari pembentukan kebiasaan dan peningkatan pribadi selama lebih dari satu dekade.

“Kita semua memiliki kebiasaan dan perilaku yang memengaruhi perasaan kita dan apakah kita tampil secara konsisten. Hal-hal yang kamu lakukan di rumah, kamu bawa ke tempat kerja setiap hari,” kata Clear dikutip dari laman CNBC Make It.

“Semuanya terhubung. Maksud saya, jika kamu tidak bisa tidur nyenyak di rumah, sulit untuk bekerja dengan baik. Jika perhatianmu teralihkan di rumah dan perhatianmu berkurang, (atau) waktumu terbagi, kamu tidak mempunyai kapasitas yang cukup untuk waktumu bekerja,” ujarnya.

Clear lantas merekomendasikan beberapa perubahan gaya hidup sederhana:

1. Rancang zona di rumahmu untuk tujuan tertentu

Mencoba menjawab email di tempat tidur bukanlah ide bagus. Menurut Clear, mengaitkan tidur dan bekerja dengan tempat tidur membuat otakmu lebih sulit menguraikan tindakan mana yang harus dilakukan saat kamu berada di tempat tidur.
Solusinya: Dedikasikan ruangan atau “zona” tertentu untuk tujuan tertentu.

“Misalnya kamu mencoba membangun kebiasaan baru membaca. Tetapi setiap kali kamu duduk di sofa, perhatianmu teralihkan dan menyalakan TV,” ucap Clear.

Sebagai gantinya, cobalah menciptakan “zona membaca” dengan menyiapkan kursi atau sudut yang nyaman, menarik, dan menjauhi layar.

Baca juga: Nggak Ada Kabar 3 Hari Setelah Interview? Begini Cara Minta Feedback-Nya

2. Batasi waktu pemakaian perangkat agar kamu tidak ‘menggulir tanpa berpikir panjang’

Jika kamu menghabiskan terlalu banyak waktu di ponsel, kamu tidak sendirian. Namun peningkatan penggunaan telepon mungkin menghambat kesuksesan profesionalmu.

“Pilihan yang kamu buat pada smartphone-mu di rumah sering kali menentukan tempatmu menghabiskan waktu sepanjang hari kerja. Misalnya, mungkin kamu mengunduh Instagram saat berada di rumah, namun kemudian kamu mendapati dirimu menggulir tanpa berpikir panjang saat sedang bekerja.”

Banyak dari kita yang menyimpan ponsel di dekat kita, tambah Clear. Itu memudahkan kita untuk mengambilnya tanpa memikirkan sesi scroll.

“Kebanyakan orang memeriksa ponsel mereka setiap 15 menit atau kurang, meskipun mereka tidak mendapat peringatan atau notifikasi,” kata psikolog penelitian Larry Rosen.

Rosen menyarankan untuk mengurangi waktu pemakaian perangkat, mengalokasikan waktu tertentu untuk penggunaan ponsel, mematikan notifikasi push yang tidak perlu, menyimpan perangkat jauh dari tempat tidur di malam hari, dan menghapus aplikasi yang mengganggu dari layar utama.

3. Fokus pada hal-hal mendasar: Tidur, makanan, dan olahraga

Jika kamu ingin sukses di tempat kerja, jangan lewatkan hal-hal mendasar, kata Clear. Itu berarti harus:

Tidur dalam jumlah yang sehat setiap malam
Makan makanan yang sehat dan seimbang
Berolahraga secara konsisten

Clear menyampaikan, melakukan “perubahan kecil”, seperti menambahkan buah atau sayuran ke piringmu, atau berjalan kaki sepuluh menit, dapat membantumu terus maju menuju kebiasaan baik dan rutinitas yang lebih sehat.

Leave a Reply