Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Sunday, September 8, 2024
idtopcareer@gmail.com
LifestyleTren

Tips Mengelola Keuangan Biar Masa Tua Tenang

Ilustrasi penyesuaian gaji PNS, TNI, hingga Polri dilakukan pada Maret 2024 - uang.Ilustrasi penyesuaian gaji PNS, TNI, hingga Polri dilakukan pada Maret 2024. (Faiz/TCI)

Topcareer.id – Semakin bertambah umur, maka produktivitas kerja juga akan menurun. Untuk itu, ada yang namanya pengelolaan dana pensiun. Atau setidaknya, bagi yang ingin menikmati masa tua dengan kondisi ekonomi yang cukup, perlu pandai mengelola keuangan dengan baik.

Dosen Ekonomi Syariah UM Surabaya, Fatkur Huda berbagi tips yang bisa dilakukan agar keuanganmu bisa terjaga dengan baik di masa tua mendatang.

1. Merencanakan masa pensiun

Hal ini dimaksudkan agar kita memiliki perencanaan yang tertata dimasa tua nantinya. Perencanaan ini meliputi keuangan, asuransi, gaya hidup, dan termasuk membuat rencana estate yang mencangkup wasiat, kuasa hukum dalam mengatur distribusi harta waris sebagaimana aturan yang ada.

2. Investasi jangka panjang

Menurut Fatkur, investasi menjadi bagian yang dapat dijadikan support dalam menjalani masa pensiun, tentu investasi yang dimaksudkan adalah investasi jangka panjang. Memilih portofolio yang terdiversifikasi dapat membantu mengatasi fluktuasi pasar.

3. Rencanakan pembayaran utang

Utang akan menjadi beban yang berat pada masa pensiun. Maka, jika memungkinkan seseorang harus mampu merencanakan pelunasan hutang dan tentu juga seseorang harus mengusahakan untuk menghindari pinjaman yang tidak perlu, terutama pada masa tua.

“Hal ini akan mengurangi beban keuangan bulanan anda, sehingga keuangan di masa pensiun akan tetap stabil,” kata Fatkur dalam rilis berita di laman resmi UM Surabaya, dikutip Senin (23/10/2023).

Baca juga: Tips Kelola Keuangan Biar di Masa Tua Tenang

4. Membuat dana darurat

Seseorang akan sering dihadapkan dengan kondisi yang tidak menentu di masa yang akan datang, tentunya juga akan berdampak pada persoalan ekonomi secara umum dan keuangan secara khusus.

“Hal ini perlu diantisipasi dengan merencanakan dana darurat yang cukup untuk mengatasi keadaan tersebut. Dana darurat sebagaimana fungsinya maka anda harus menggunakan pada saat kebutuhan yang memang tidak terduga seperti keperluan Kesehatan, bencana alam, maupun pandemic,” jelas Fatkur.

5. Evaluasi perencanaan keuangan

Kondisi yang berubah tentu akan mempengaruhi kondisi kebutuhan seseorang, maka rencana keuangan harus dievaluasi secara berkala untuk memastikan bahwa itu tetap relevan dengan perubahan situasi keuangan dan kehidupanmu.

6. Konsultasikan dengan ahli keuangan

Fatkur menyampaikan, konsultasi akan membantu seseorang untuk mendapatkan saran dari penasihat keuangan yang kompeten. Mereka dapat membantu dalam merencanakan investasi dan pensiun, hingga mengelola keuangan secara efektif.

“Hal ini juga dimaksudkan untuk mengetahui perencanaan kita dimasa pensiun telah sesuai dan mampu berjalan sebagaimana kondisi mendatang,” tandas Fatkur.

Leave a Reply