Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Begini Tips Atur Keuangan di Awal Tahun Menurut Dosen UM Surabaya

Ilustrasi kenaikan gaji ASN dan pensiunan PNS yang diatur BKN- uang. (Pexels)Ilustrasi kenaikan gaji ASN dan pensiunan PNS yang diatur BKN- uang. (Pexels)

Topcareer.id – Kalau salah satu resolusi tahun baru kamu adalah membenahi keuangan secara mandiri, inilah saatnya! Ada tips yang bisa kamu ikuti untuk mengatur keuangan yang tepat di awal tahun.

Tips mengatur keuangan ini dibagikan oleh Dosen Ekonomi UM Surabaya Fatkur Huda sehingga kamu memiliki target rencana dan keuangan yang sehat.

1. Menghitung ulang

Fatkur mengatakan, untuk mewujudkan keuangan yang sehat di awal tahun, perlu dilakukan penghitungan ulang rencana keuangan yang telah dibuat.

Langkah ini, kata dia, selain untuk memastikan kembali rencana yang dibuat, juga untuk melakukan evaluasi pos perencanaan yang telah dibuat sepanjang tahun yang berlalu.

“Kita perlu menyiapkan kembali tabungan untuk anak, asuransi, bahkan untuk persiapan masa pensiun yang perlu dilakukan sejak dini,” kata Fatkur dikutip laman resmi UM Surabaya, Senin (2/1/2023)

2. Meninjau investasi

Menurut Fatkur, momen awal tahun tentu menjadi ajang bagi banyak penyedia jasa investasi memberikan promosi besar. Namun, tak semua investasi memiliki kecocokan dengan karakter diri seseorang.

Maka, lanjut Fatkur, memaksimalkan awal tahun untuk meninjau portofolio atau investasi yang telah dimiliki menjadi penting untuk memastikan apakah asset yang dimiliki masih tetap memadai dan dipertahankan atau bahkan harus menjualnya untuk menentukan langkah investasi yang jauh lebih aman dan memiliki nilai tinggi.

Baca juga: Mengenal Ergophobia, Rasa Takut Seseorang Menghadapi Pekerjaan

“Usahakan untuk mengurangi investasi yang tidak berjalan dengan baik agar seseorang dapat mengurangi kewajiban membayar pajak,” ujar Fatkur.

3. Buat rencana belanja bulanan

Lebih lanjut Fatkur menjelaskan, salah satu strategi yang aman untuk menjaga keuangan adalah dengan merencanakan belanja bulanan berdasarkan catatan yang telah ditetapkan.

“Belanja bulanan menjadi salah satu pos perencanaan keuangan yang harus selalu dijaga konsistensinya, dengan begitu kita tidak akan asal dalam belanja. Apalagi dengan adanya promo yang menghantui kita di setiap awal tahun,”tegasnya.

4. Alokasikan dana sosial

Kebanyakan dari kita berpikir bahwa dana sosial dapat sewaktu-waktu dikeluarkan tanpa perlu mengalokasikan. Padahal apabila direncanakan dengan baik dan mengalokasikanya, akan memberikan kemudahan kepada kita untuk mengeluarkannya.

“Alokasi dana sosial tidak akan membuat seseorang semakin pelit atau bahkan terlalu royal. Justru alokasi dana sosial akan terlaksana sebagaimana anjuran yang telah ditetapkan dalam perintah agama,” tandas Fatkur.

Leave a Reply