Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, May 2, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Sembuhkan Pilek Secara Alami Menurut Ners UM Surabaya

Ilustrasi sembuhkan pilek secara alami.Ilustrasi sembuhkan pilek secara alami.

Topcareer.id – Hujan beberapa kali sudah mulai mengguyur beberapa wilayah di Indonesia, meski masih masa transisi pergantian cuaca. Namun, cuaca transisi ini biasanya malah bikin kita berisiko terkena pilek, apalagi jika sistem imun sedang lemah.

Ners UM Surabaya, Islam Syarifurrahman mengatakan, munculnya gejala pilek ini bisa terjadi karena alergi, udara dingin ataupun sinusitis akut.

Menurutnya, seseorang yang mengalami pilek biasanya terdapat gejala flu yang mengakibatkan hidung tersumbat karena disebabkan oleh jaringan serta pembuluh darah di sekitar hidung mengalami pembengkakan akibat adanya cairan berlebih.

“Kondisi seperti ini akan menganggu aktivitas sehari-hari sampai pada gangguan tidur, dan bisa menularkan pada orang lain sehingga dianjurkan untuk istirahat di rumah. Pilek bisa disembuhkan secara alami tanpa mengonsumsi obat yang berbahan kimia,” kata Islam dikutip dari laman resmi UM Surabaya, Kamis (26/10/2023).

Dalam keterangannya Islam membagikan sejumlah tips cara menyembuhkan pilek secara alami.

1. Mandi air hangat

Ia menyampaikan, gejala yang sering muncul saat mengalami pilek adalah hidung tersumbat, mandi air hangat mampu menjadi solusi yang efektif karena dengan udara lembap dari uap air tersebut dapat melembapkan tenggorokan, saluran hidung, serta lendir yang di dalam hidung menjadi lebih cair.

Baca juga: Sembuhkan Pilek Secara Alami Menurut Ners UM Surabaya

2. Kualitas tidur yang cukup

Tidur yang berkualitas akan memberikan efek yang bagus pada kesehatan dan berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus. Kurang tidur menyebabkan banyak efek seperti mudah lelah, penyakit menyerang seperti pilek, flu dan batuk.

3. Konsumsi jahe hangat

Jahe memiliki banyak kandungan berfungsi untuk anti bakteri, anti virus, anti peradangan untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya kandungan antiinflamasi yang cukup tinggi untuk mengatasi hidung tersumbat.

4. Konsumsi makanan pedas

Ia menambahkan, mengonsumsi makanan pedas mampu meredakan virus ini, terdapat kandungan capsaicin pada cabai sebagai antiinflamasi, anti iritasi, dan anti alergi yang mampu mengencerkan dahak ataupun lendir sehingga mampu mengurangi gejala flu dan pilek.

“Namun, perlu berhati-hati jangan sampai memakan cabai terlalu banyak supaya tidak mengalami gangguan pencernaan,”pungkasnya.

Leave a Reply