Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, February 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Mobilisasi Libur Nataru Bakal Meningkat, Puncak Arus Mudik Terjadi 2 Kali

Ilustrasi arus kendaraan libur Nataru-arus lalu lintas. (dok. Jasa Marga)Ilustrasi arus kendaraan libur Nataru-arus lalu lintas. (dok. Jasa Marga)

Topcareer.id – Menurut data Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada Natal 2022 dan Tahun Baru (libur Nataru) 2023 lalu, menunjukan sekitar 44,17 juta orang melakukan mobilisasi. Kemenhub pun menyebut akan ada dua kali puncak arus mudik dan dua kali puncak arus balik pada libur Nataru.

Untuk mempersiapkan angkutan libur Nataru 2023/2024 dengan baik, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi bersama jajarannya menggelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Bidang Perhubungan Darat Tahun 2023 pada Rabu (8/11/2023).

“Skenario pengaturan lalu lintas harus dipersiapkan lebih baik, agar masyarakat yang pulang kampung atau berwisata tetap aman dan mendapatkan pelayanan yang memadai,” kata Menhub melalui siaran pers, dikutip Kamis (9/11/2023).

“Tahun ini mobilisasi masyarakat pada saat Nataru diprediksi akan meningkat dibanding tahun lalu,” lanjut Menhub.
Berdasarkan data Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, diprediksi puncak arus mudik dan balik akan terjadi dua kali. Puncak arus mudik I akan terjadi pada 22-23 Desember 2023, lalu prediksi Puncak Arus Balik I akan terjadi pada 26-27 Desember 2023.

Baca juga: Pemerintah Tetapkan Libur Nasional Dan Cuti Bersama 2024, Total 27 Hari

Sedangkan prediksi Puncak Arus Mudik II akan terjadi pada 29-30 Desember 2023 dan Prediksi Puncak Arus Balik II akan terjadi pada 1-2 Januari 2024.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno menyampaikan, Rakornis Bidang Perhubungan Darat pada tahun ini bertema “Kolaborasi Kebijakan Untuk Transportasi Darat Yang Inklusif dan Berkelanjutan”.

Ke depannya, kata dia, teknologi transportasi publik juga berkembang dengan pesat, dan hal ini menjadi tantangan aparatur Pemerintah untuk bisa mengikutinya dengan menyesuaikan terhadap peraturan yang ada.

“Kita juga dituntut memiliki kesiapan dan kemampuan sumber SDM yang terbaik. Karenanya kami berharap Rakornis ini menjadi sarana memperbaharui informasi dan untuk meningkatkan kemampuan kita semua,” ujarnya.

Leave a Reply