Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, July 12, 2024
redaksi@topcareer.id
ProfesionalTren

Daftar 10 Negara yang Punya Talenta Paling Kompetitif di Dunia

Swiss merupakan negara dengan talenta paling kompetitif di dunia - ilustrasi kerja.Swiss merupakan negara dengan talenta paling kompetitif di dunia - ilustrasi kerja.

Topcareer.id – Menurut Indeks Daya Saing Talenta Global 2023 atau Global Talent Competitiveness Index yang dikeluarkan oleh sekolah bisnis INSEAD, Swiss kembali jadi negara yang memilik talenta paling kompetitif di dunia.

Lalu, di peringkat kedua ada Singapura, lantaran angkatan kerjanya yang memiliki pendidikan tinggi dan ekonomi inovatif, diikuti oleh Amerika Serikat yang naik ke peringkat ketiga setelah menempati peringkat keempat pada 2022.

Negara Eropa ini telah memegang kekuasaan tertinggi selama sepuluh tahun berturut-turut, berkat “perlindungan sosial tingkat tinggi” dan kualitas lingkungan alamnya, menurut laporan itu.

Laporan tahunan ini mengukur bagaimana 134 negara menarik, mengembangkan, dan mempertahankan talenta mereka. Sepuluh negara teratas tetap stabil selama dekade terakhir, dengan Swiss dan Singapura yang secara konsisten menduduki peringkat teratas sebagai “pemimpin yang jelas.”

“Selama dekade terakhir, kita telah melihat hubungan yang erat antara kekayaan suatu negara dan daya saing talentanya, di mana negara-negara kaya terus mengalahkan negara-negara miskin,” kata laporan tersebut, mengutip laman CNBC Make It.

Denmark, Belanda, Finlandia dan Norwegia masing-masing berada di urutan keempat, kelima, keenam dan ketujuh.

Sementara Indonesia sendiri berada di peringkat 80 dalam daftar tersebut, dengan ranking regional di posisi 12 untuk wilayah Asia Timur, Tenggara, dan Oseania.

Baca juga: Mengembangkan Karyawan Itu Bukan Lewat Delegasi Tugas Yang Berlebihan

Lebih banyak ‘talent war’

Persaingan berbagai negara untuk mendapatkan talenta akan semakin ketat pada dekade mendatang seiring dengan terus berlanjutnya ketidakpastian dan ketegangan internasional dalam perdagangan, investasi, dan politik.

“Kita bisa memperkirakan akan terjadi lebih banyak perang talenta dibandingkan dengan lebih sedikitnya perang talenta,” kata laporan tersebut, seraya menambahkan bahwa kualitas hidup dan keberlanjutan akan menjadi “aset penting” bagi negara-negara yang ingin menjadi pusat talenta.

“Tenaga kerja yang tidak memenuhi syarat atau berkualifikasi rendah akan menanggung sebagian besar tekanan tambahan. Sementara kategori pekerja baru, yang sebagian memiliki keterampilan lebih tinggi, akan menderita karena persaingan yang lebih ketat dari algoritma dan peralatan khusus.”

Berikut ini peringkat negara dengan talent paling kompetitif di dunia:

1. Swiss
2. Singapura
3. Amerika Serikat
4. Denmark
5. Belanda
6. Finlandia
7. Norwegia
8. Australia
9. Swedia
10. Inggris

Leave a Reply