Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, May 3, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Menaker: Harus Ada Inovasi dalam Tata Kelola Pelindungan PMI

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah sebut tata kelola pelindungan PMI harus memiliki inovasi.Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah sebut tata kelola pelindungan PMI harus memiliki inovasi. (dok. Kemenaker)

Topcareer.id – Dalam Rapat Koordinasi Nasional Satuan Tugas Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI), Rabu (15/11/2023), Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah menyampaikan sinergi dan kolaborasi pelindungan PMI dan calon PMI merupakan hal mutlak yang perlu dikerjakan bersama-sama.

“Pertemuan ini saya nilai penting dan strategis, sebab melalui forum ini, kita dapat berkoordinasi serta mengevaluasi tata kelola pengelolaan pelindungan Pekerja Migran Indonesia,” kata Menteri Ida melalui siaran pers, dikutip Kamis (16/11/2023).

Lebih lanjut Menaker menyampaikan upaya-upaya perbaikan dalam tata kelola pelindungan kepada Calon Pekerja Migran Indonesia, Pekerja Migran Indonesia beserta keluarganya telah banyak dilakukan.

Namun, tambah dia, secara garis besar masih banyak hal yang perlu satu pemahaman dan perubahan baik dari sisi regulasi dan praktik.

Baca juga: Permenaker 4/2023 Diharap Bisa Beri Rasa Aman Bagi Yang Mau Jadi PMI

“Untuk itu, harus ada inovasi dalam tata kelola penempatan dan pelindungan Pekerja Migran Indonesia sesuai Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2017,” ujar Ida Fauziyah.

Menaker Ida mengapresiasi satgas pelindungan Pekerja Migran Indonesia di pusat dan 25 wilayah debarkasi/embarkasi daerah yang telah melakukan sosialisasi kepada aparatur desa, pencari kerja luar negeri, keluarga Calon Pekerja Migran Indonesia dan Pekerja Migran Indonesia, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat.

“Saya yakin dengan adanya satgas pelindungan Pekerja Migran Indonesia di 25 lokasi debarkasi/embarkasi, layanan proses migrasi Pekerja Migran Indonesia, layanan penempatan dan pelindungan Pekerja Migran Indonesia bisa berjalan dengan baik, transparan dan profesional,” pungkasnya.

Leave a Reply