Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, April 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Tambah Kereta, Waktu Tunggu LRT Jabodebek Jadi Lebih Cepat

LRT Jabodebek tambah jumlah perjalanan dan tetap berlakukan tarif promo.LRT Jabodebek tambah jumlah perjalanan dan tetap berlakukan tarif promo. (dok. DJKA)

Topcareer.id – Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) memastikan kesiapan pengoperasian 12 trainset LRT Jabodebek setelah ada tambahan 4 trainset yang sudah selesai menjalani pembubutan roda. Penambahan trainset ini akan berpengaruh pada waktu tunggu LRT Jabodebek yang kini jadi lebih cepat.

Berikut waktu tunggu kereta satu dengan kereta berikutnya (headway) pada peak maupun off-peak hour:

Headway Peak Hour (05.00 – 10.00 dan 15.00 – 21.00):
Stasiun Jatimulya/Harjamukti menuju Cawang: 30 menit menjadi 18,5 menit
Stasiun Cawang menuju Dukuh Atas: 15 menit menjadi 9,3 menit

Headway Off-Peak Hour (10.00 – 15.00):
Stasiun Jatimulya/Harjamukti menuju Cawang: 60 menit menjadi 37 menit
Stasiun Cawang menuju Dukuh Atas: 30 menit menjadi 18,5 menit

“Berkurangnya headway diharap dapat memenuhi harapan masyarakat yang memilih LRT Jabodebek sebagai transportasi publik dengan alasan waktunya lebih efisien,” kata Direktur Jenderal Perkeretaapian, Risal Wasal melalui siaran pers, dikutip Rabu (22/11/2023).

Ia menambahkan, terkait dengan kondisi aus yang ditemukan pada roda LRT Jabodebek telah dilakukan penanganan dengan cara pembubutan roda dan memperhalus profil permukaan serta memberi cairan lubricant pada rel LRT Jabodebek.

Baca juga: Tambah Kereta, Waktu Tunggu LRT Jabodebek Jadi Lebih Cepat

“Alhamdulillah pasca dilakukan grinding dan pelumasan ini, sudah tidak ditemukan aus pada roda sehingga 12 trainset (TS) yang beroperasi saat ini dalam kondisi aman,” ujar Risal.

Risal menjelaskan bahwa proses pembubutan roda dan pelumasan terus dikebut dan diharapkan dapat segera tuntas, sehingga dapat meningkatkan pelayanan yang maksimal kepada seluruh pengguna LRT Jabodebek. DJKA akan terus berupaya untuk dapat mengakomodasi kebutuhan penumpang LRT Jabodebek.

“Dengan beroperasinya 12 trainset yang akan dimulai hari ini, maka total frekuensi perjalanan per hari pada masing – masing lintas yaitu Bekasi dan Cibubur menjadi 80 KA dengan total keseluruhan frekuensi perjalanan menjadi 160 KA per hari,” imbuh Risal.

Selanjutnya, Risal berharap LRT Jabodebek akan segera dapat beroperasi dengan normal, sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat yang besar dari pembangunan yang bertujuan untuk shifting atau pemindahan masyarakat pengguna kendaraan pribadi kepada transportasi massal yang saat ini juga sudah terintegrasi dengan berbagai moda transportasi di Jabodetabek.

Leave a Reply