Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, May 4, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Kasus Monkeypox Capai 57 Pasien, Jakarta Mendominasi

Jakarta mendominasi jumlah kasus Monkeypox di Indonesia.Jakarta mendominasi jumlah kasus Monkeypox di Indonesia. (dok. Kemenkes)

Topcareer.id – Menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tercatat sebanyak 57 pasien konfirmasi Monkeypox (Mpox) di Indonesia per 22 November 2023. DKI Jakarta jadi daerah yang paling mendominasi kasus monkeypox, yakni sebanyak 42 pasien.

Setelah Jakarta, lalu diikuti Banten sebanyak 6 kasus, Jawa Barat sebanyak 6 kasus, Jawa Timur sebanyak 2 kasus, dan Kepulauan Riau sebanyak 1 kasus.

“100 persen kasus berjenis kelamin laki-laki, dengan rentang usia terbanyak pada kelompok 30-39 tahun diikuti rentang usia 25-29 tahun,” kata Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan, dr. Farchanny melalui siaran pers, dikutip Jumat (24/11/2023).

“Memiliki perilaku seks banyak pasangan dan berganti ganti pasangan dengan orientasi seksual terbanyak Lelaki Seks dengan Lelaki (LSL),” tambah dia.

Farchanny menyebut 57 pasien Mpox itu mayoritas disertai penyakit penyerta di mana 39 di antaranya orang dengan HIV (ODHIV). Kemudian disertai penyakit sipilis ada 16 kasus, hipertensi 2 kasus, Herpes 2 kasus, dan TBC ada 2 kasus.

Lebih lanjut ia mengatakan, Kemenkes telah melaksanakan langkah-langkah penanggulangan penyebaran kasus monkeypox ini, mulai dari surveilans untuk penemuan kasus aktif dan penyelidikan epidemiologi, terapeutik dengan pemberian terapi sesuai simptom dan mempersiapkan logistik antivirus.

Selain itu juga dilakukan sosialisasi kewaspadaan Mpox kepada tenaga kesehatan dan masyarakat.

Baca juga: Kemenkes Sediakan Vaksin Monkeypox, Tapi Ada Prioritasnya

Vaksinasi pun telah diberikan kepada kelompok rentan tertular Monkeypmonkeypox, ox termasuk mereka yang kontak erat dengan pasien Mpox dan Orang dengan HIV (ODHIV). Vaksinasi dosisi 1 sudah dimulai pada 23 Oktober 2023 lalu.

“Vaksinasi juga sudah dilakukan, dosis pertama sudah diberikan kepada 495 orang, dan menyusul dosis kedua yang sudah kita mulai pada 21 November,” ujar dia.

Farchanny mengimbau masyarakat untuk melakukan tindakan pencegahan, mulai dari praktik seks yang aman termasuk membatasi jumlah pasangan seks, serta menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Jika mengalami gejala mengarah Mpox seperti muncul bintik-bintik merah dan demam, segera periksakan diri fasilitas layanan kesehatan terdekat, batasi kegiatan diluar rumah serta menghindari kerumunan,” tandas dia.

Leave a Reply