Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, March 4, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips KarierTren

Cara Kenali Tanda Bahaya Pekerjaan Atau Perusahaan yang Bikin Stres

Ilustrasi caleg rentan stres saat alami kekalahan usai Pemilu.Ilustrasi caleg rentan stres saat alami kekalahan usai Pemilu. (Sumber gambar: bujanoci.net)

Topcareer.id – Pekerjaan bisa menyebabkan stress. Stres kerja itu sendiri bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Dampak stres ini bisa meliputi kelalahan emosional, motivasi rendah hingga keinginan untuk berhenti. Ada perusahaan yang bikin stres karena budaya kerja di dalamnya, kamu perlu waspada.

Bos yang beracun, beban kerja yang berat, dan kurangnya fleksibilitas dapat memengaruhi pengalaman Anda. Dan, yang terpenting, stres bisa bersifat subjektif.

“Apa yang terbaik untukmu mungkin tidak cocok untuk orang lain,” kata Vicki Salemi, Pelatih Karier di Monster, mengutip laman CNBC.

“Oleh karena itu, penting untuk melakukan riset sendiri sebelum menerima peluang kerja apa pun untuk memastikan peran tertentu cocok untukmu,” kata pakar karier LinkedIn, Andrew McCaskill.

Para pakar karier ini pun berbagi bagaimana cara memastikan apakah perusahaan tersebut bisa bikin stres dan apakah cocok untukmu.

Buatlah daftar situasi kerja idealmu

Untuk menyadari tanda bahaya pribadimu, kamu perlu memahami seperti apa stres dalam pekerjaan itu. “Tanyakan pada dirimu, ‘Seperti apa pekerjaan dengan tingkat stres rendah bagimu dan apa yang disediakan oleh pemberi kerja?’” Kata Salemi.

Ia menambahkan, apakah hal itu berarti bekerja dari rumah? Jika kamu bekerja dari rumah, apakah itu berarti mengesampingkan pekerjaan dan tidak perlu memikirkannya setelah hari kerja selesai.

Baca juga: Lakukan Langkah Sederhana Ini Tiap Pagi Untuk Kurangi Stres

Sementara McCaskill menambahkan, apakah kamu khawatir dengan gagasan “mengelola banyak proyek atau orang?”
Buatlah daftar parameter pekerjaan idealmu dan biarkan parameter tersebut menjadi panduanmu untuk pekerjaan yang paling cocok untukmu.

Cara mengenal perusahaan saat melamar

Saat kamu melamar, ada beberapa cara untuk mengukur apakah suatu pekerjaan mungkin menimbulkan stres.

Coba kunjungi halaman atau situs LinkedIn perusahaan untuk mengetahui nilai dan budayanya. “Jika mereka menyoroti nilai-nilai seperti keseimbangan kehidupan kerja, ini bisa menjadi indikator yang baik bahwa perusahaan memprioritaskan kesejahteraan karyawannya,” kata McCaskill.

Kamu juga dapat menghubungi karyawan saat ini untuk wawancara informasi. “Hargai waktu mereka dan ajukan beberapa pertanyaan utama yang ingin kamu ketahui — apakah itu tentang keseimbangan kehidupan kerja, budaya perusahaan, apa saja yang diperlukan dalam pekerjaan itu, atau sekadar ‘bagaimana rasanya bekerja di sana?’” kata dia. McCaskill.

Wawancara kerja itu sendiri juga memberikan kesempatan untuk mengukur stres kerja sehari-hari.

“Bersiaplah dengan pertanyaan tentang nilai, budaya, atau jadwal sehari-hari perusahaan. Jangan takut untuk menjawab pertanyaanmu secara langsung dan menindaklanjutinya dengan contoh spesifik,” kata McCaskill.

McCaskill menambahkan untuk tetap waspada terhadap tanda-tanda bahaya yang mungkin membuat kamu percaya bahwa suatu pekerjaan mungkin menimbulkan stres tinggi atau tidak sejalan dengan nilai-nilaimu, dan teruslah mengajukan pertanyaan penting selama proses berlangsung.

Leave a Reply