Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, April 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Nyamuk Bakteri Wolbachia Turunkan Kematian Akibat DBD

Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin menyebut nyamuk dengan bakteri Wolbachia bisa turunkan insiden kematian DBD.Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin menyebut nyamuk dengan bakteri Wolbachia bisa turunkan insiden kematian DBD. (dok. Setkab)

Topcareer.id – WHO menetapkan standar incidence rate atau frekuensi kesakitan demam berdarah sebesar 10 per 100 ribu penduduk. Sementara, lewat implementasi teknologi nyamuk bakteri Wolbachia, mampu menurunkan incidence rate di bawah standar WHO.

Pengimplementasian teknologi nyamuk bakteri Wolbachia di Yogyakarta mampu menurunkan incidence rate demam berdarah hingga 1,94 per 100 ribbu penduduk, menurut data pada Juli 2023.

“Begitu (implementasi Wolbachia) terjadi di Yogya dan kenapa kita senang karena pendekatannya ilmiah, sistematis, dan terstruktur. Bakteri wolbachia ini di nyamuk pun ada, jadi bukan sesuatu yang dibikin-bikin,” kata Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin melalui siaran pers, Kamis (30/11/2023).

Secara umum, frekuensi kesakitan demam berdarah tercatat 28,45 per 100 ribu penduduk dan frekuensi kematian 0,73 per 100 ribu penduduk. Kasus tersebut didominasi oleh usia 5-14 tahun.

Menkes Budi mengatakan penelitian teknologi nyamuk ber-wolbachia ini sudah lama dilakukan. Dalam penelitiannya, peneliti menjalankan semua tahapan dan tidak memangkas (bypass) prosesnya.

Hasil studi Aplikasi Wolbachia untuk Eliminasi Dengue (AWED) tahun 2017-2020 menunjukkan setelah nyamuk ber-wolbachia dilepaskan, kasus dengue menurun hingga 77 persen.

“Sudah jelas sekali hasil studi AWED begitu wolbachia disebar dengue-nya turun. Jadi secara data, secara sains, secara fakta, sudah jelas. Itu sebabnya kemudian Kemenkes yakin kita terapkan ini (wolbachia),” kata Menkes Budi.

Baca juga: Kasus Meningkat, Dosen UM Surabaya Berbagi Tips Cegah DBD

Lebih lanjut Menkes Budi menjelaskan dengue (DBD) di Indonesia meningkat terus selama mungkin 50 tahun terakhir. Selama itu, pemerintah Indonesia sudah melakukan segala macam intervensi dan program.

Mulai dari pemberian larvasida, Pemberantasan Sarang Nyamuk, melakukan 3M, membentuk Juru Pemantau Jentik (Jumantik) dan adanya Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik sampai fogging.

Bakteri Wolbachia menghambat perkembangan virus dengue di tubuh nyamuk aedes aegypti. Artinya, kemampuan nyamuk dengan wolbachia dalam menularkan virus ke manusia akan berkurang.

Ketika nyamuk aedes aegypti dengan wolbachia berkembang biak di populasi nyamuk, maka kasus dengue akan menurun.

Cara berkembang biak nyamuk aedes aegypti ber-wolbachia

Antara lain apabila nyamuk jantan ber-wolbachia kawin dengan nyamuk betina ber-wolbachia, telurnya akan menetas dan menghasilkan nyamuk ber-wolbachia.

Jika nyamuk jantan tidak ber-wolbachia kawin dengan betina ber-wolbachia, telurnya akan menetas dan menghasilkan nyamuk ber-wolbachia. Namun, bila nyamuk jantan ber-wolbachia kawin dengan betina tidak ber-wolbachia, maka telurnya tidak akan menetas.

Mengenai proses penyebarannya, sebuah ember memuat 250-300 telur nyamuk, dengan angka penetasan ±90 persen. Jumlah nyamuk yang akan disebarkan sebesar 10 persen dari populasi nyamuk didaerah tersebut.

Penyebarannya dilakukan 12 kali. Artinya, ada pelepasan ± 2-3 nyamuk/meter setiap 2 minggu dan dilakukan sebanyak 12 kali.

Leave a Reply