Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, March 4, 2024
redaksi@topcareer.id
LifestyleTren

4 Tren Pariwisata 2024 Menurut Kemenparekraf

Ilustrasi tren wisata 2024 menurut Kemenparekraf, ada bleisure, gabungan dari businsess and leisure.Ilustrasi tren wisata 2024 menurut Kemenparekraf, ada bleisure, gabungan dari businsess and leisure. (dok. Kemenparekraf)

Topcareer.id – Tren pariwisata dari tahun ke tahun selalu diproyeksi berbeda, apalagi setelah Pandemi Covid-19 mereda. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memproyeksi 4 tren pariwisata pada 2024, seperti apa ya?

Wakil Menteri Parekraf, Angela Tanoesoedibjo, menjelaskan empat tren tersebut yakni Bleisure, Wellness Experience, Deep and Meaningful,dan Set-Jetting.

1. Bleisure (business and leisure)

Menurut Angela, kembali pulihnya perjalanan bisnis secara global dan tumbuhnya kebebasan untuk bekerja jarak jauh meningkatkan fleksibilitas untuk berwisata di sela rutinitas pekerjaan.

Pelaku perjalanan bisnis, kata Angela, terus menginkorporasi aktivitas leisure dalam komitmen pekerjaannya, sehingga menjadikan bleisure (business and leisure) sebagai tren yang akan terus tumbuh pascapandemi.

“Ini akan semakin meningkat ya bagaimana orang akan menggabungkan bisnis dan leisure menjadi satu, ini sebetulnya menguntungkan untuk kita, karena Jakarta menjadi pusat untuk bisnis, dan ini kita bisa bawa dari Jakarta untuk para wisatawan yang tadinya berbisnis untuk bisa berwisata ke Bali, ke Labuan Bajo, ke Borobudur,” kata Wamenparekraf, dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (27/12/2023).

Lebih lanjut Angela menjelaskan, peluang pun dapat diambil dengan menggabungkan paket-paket gabungan antara bisnis dengan wisata.

Baca juga: Negara-Negara Paling Bahaya Dan Paling Aman Untuk Berwisata 2024

2. Wellness Experience

Tren wisata ini diproyeksikan bakal semakin diminati. Hal itu berkaitan dengan pergeseran perilaku wisatawan usai pandemi Covid-19 yang semakin menyadari pentingnya kesehatan jiwa dan pengalaman spiritual.

“Wellness experience ini menjadi penting maka kita mengembangkan wisata kesehatan, ini sedang kita garap, yang kita tahu di Bali ada KEK Sanur kesehatan yang sedang dibangun, kita harapkan ini menjadi salah satu yang menjadi point of interest dari wisata kesehatan kita,” kata Wamenparekraf Angela.

3. Deep and meaningfull

Angle menuturkan, setidakpastian selama pandemi membuat lebih dari 3/4 wisatawan dalam survei Booking.com menginginkan pengalaman wisata yang lebih berkualitas dan bermakna.

Angela menjelaskan, Indonesia memiliki nature, dan culture yang kental, yang hal tersebut dapat dikemas dengan story telling yang menarik. Sehingga wisatawan dapat menikmati pengalaman wisata yang berkualitas dan bermakna.

4. Set Jetting

Tren lainnya yakni wisata set jetting (tempat-tempat syuting film) yang bakal digandrungi dan dikunjungi untuk berwisata.

Leave a Reply