Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, April 28, 2024
redaksi@topcareer.id
LifestyleTren

Negara-Negara Paling Bahaya dan Paling Aman untuk Berwisata 2024

Ilustrasi peta Afrika di mana masuk daftar negara paling bahaya.Ilustrasi peta Afrika di mana masuk daftar negara paling bahaya. (Pexels)

Topcareer.id – Perusahaan penilai risiko, International SOS merilis negara-negara paling bahaya atau punya keamanan risiko tinggi bagi wisatawan pada 2024 dan juga daftar negara paling aman dalam 2024 Risk Map. Dari laporan ini, wisatawan bisa tentukan akan liburan ke negara mana.

Mengutip CNBC Make It, International SOS telah memberi peringkat negara-negara ini berdasarkan beberapa metrik, termasuk keamanan, bahaya medis, serta dampak perubahan iklim.

Risiko keamanan

Negara-negara Afrika, Libya dan Sudan Selatan, muncul sebagai negara dengan risiko keamanan yang “ekstrem” alias negara paling bahaya. Hal ini terkait dengan negara-negara dengan kontrol pemerintah serta hukum dan ketertiban yang minimal atau tidak ada sama sekali dan layanan pemerintahan dan transportasi yang hampir tidak berfungsi, menurut International SOS.

Negara-negara dengan risiko keamanan “tinggi” menderita akibat protes yang sering kali disertai kekerasan dan dapat menyasar orang asing. Venezuela, Pakistan dan Burma termasuk dalam kategori ini.

Negara-negara Skandinavia termasuk negara yang paling aman dalam hal keamanan. Metrik ini menilai ancaman yang ditimbulkan oleh kekerasan politik dan kerusuhan sosial, serta prevalensi kekerasan dan kejahatan kecil.

Islandia, Norwegia, Finlandia, Denmark, dan Greenland semuanya diklasifikasikan sebagai negara dengan risiko keamanan “tidak signifikan”. Swiss dan Slovenia juga termasuk negara dengan risiko keamanan paling kecil.

Baca juga: 10 Negara Dengan Predikat Kualitas Hidup Terbaik Di Dunia

Kekhawatiran medis

Negara-negara dengan risiko medis “sangat tinggi”, yang dinilai berdasarkan prevalensi penyakit menular seperti Covid dan standar layanan medis darurat, termasuk Afghanistan dan Korea Utara, serta beberapa negara Afrika termasuk Sudan dan Libya.

Negara-negara dengan risiko medis paling kecil adalah Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Australia, dan Singapura.

Memiliki akses terhadap layanan kesehatan saat bepergian merupakan kekhawatiran utama bagi banyak orang — dengan 60% wisatawan mengatakan bahwa potensi menghadapi keadaan darurat medis selama perjalanan menjadi faktor utama dalam membeli asuransi perjalanan.

“Penyedia layanan kesehatan primer biasanya tidak menanggung biaya cedera atau penyakit yang diderita di luar negeri, sehingga dapat menyebabkan pengeluaran besar,” kata James Clark, spesialis konten di perusahaan asuransi Squaremouth, dikutip dari CNBC Make It.

SOS Internasional juga memberi peringkat negara-negara berdasarkan perubahan iklim dan bagaimana hal itu dapat menyebabkan krisis dan bencana kemanusiaan. Namun bagi para pelancong, hal ini mungkin belum menjadi masalah.

Leave a Reply