Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Sunday, September 8, 2024
idtopcareer@gmail.com
Tips Karier

Cara Mengurangi Nerveous dan Gugup Saat Wawancara Kerja

Ilustrasi cara mengurangi gugup atau nerveous saat wawancara kerja.Ilustrasi cara mengurangi gugup atau nerveous saat wawancara kerja. (dok. the ladders)

Topcareer.id – Menjalani wawancara kerja dengan percaya diri dan ketenangan adalah hal yang diinginkan oleh setiap pelamar. Namun, tampil tenang saat wawancara kerja lebih sering jadi tantangan. Untuk itu, perlu cara agar bisa tampil tenang tanpa nervous dan gugup saat wawancara kerja.

Eksekutif HR dan mantan perekrut Disney, Simon Taylor, selalu terkesan dengan kandidat yang “tidak terlihat putus asa,” katanya. Mereka memiliki kepercayaan diri yang tenang dan hampir terlihat seolah-olah mereka punya pilihan.

Melansir laman CNBC Make It, berikut saran untuk tampil tenang mengesankan saat wawancara kerja.

‘Bertele-tele’ bisa menjadi bumerang

Salah satu cara untuk menyampaikan kepercayaan diri adalah dengan memberikan jawaban singkat atas pertanyaan pewawancara.

Taylor menyarankan untuk pikirkan cara yang paling ringkas dan efisien untuk menjawab pertanyaan mereka dan luangkan waktu “sekitar satu menit” untuk menjawab masing-masing pertanyaan. “Jika pewawancara Anda ingin mendengar lebih banyak, mereka akan bertanya,” ujar Taylor dikutip dari CNBC Make It.

Lakukan beberapa aktivitas sebelum wawancara

Simon menambahkan, mencapai tingkat ketenangan seperti itu bisa berarti menempatkan ruang kepalamu di tempat yang tepat. Berikut beberapa aktivitas yang dapat membantu sebelum wawancara dimulai:

Baca juga: Kenali 3 Ciri Perekrut Sedang Bohong Saat Wawancara Kerja

1. Tuliskan beberapa afirmasi pribadi, apa pun yang paling ingin didengar

Ini bisa berupa kalimat seperti, “Saya tidak putus asa. Saya punya pilihan. Saya mampu, saya kompeten. Pernyataan-pernyataan semacam itu sangat membantu saya untuk mengatasi rasa gugup dan membumi,” kata Taylor.

2. Taylor juga menyarankan untuk mempertimbangkan tingkat kekuasaan yang sebenarnya dimiliki pewawancara terhadap kamu

“Sering kali saya berpikir kita memberi terlalu banyak power pada pewawancara atau manajer perekrutan, dan karena itu kita menjadi gugup,” katanya. Ingatlah bahwa ini hanyalah sebuah pekerjaan dan kemungkinan besar kamu juga memiliki peluang lain, meskipun kamu belum menyadarinya.

3. Berjalan-jalan terlebih dahulu, berolahraga

Taylor menyarankan lakukan aktivitas apa pun yang akan mengeluarkan energi dan memberimu semangat alami.

Pilih aktivitas yang akan memberimu kedamaian batin dan membantu menenangkan syaraf tersebut satu jam sebelum kamu masuk. “Gambaran besarnya, ingat, Anda menilai mereka dan mereka menilai Anda. Itu adalah hal yang saling menguntungkan.”

Leave a Reply