Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, April 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Asyik! Pendaftaran Akun Prakerja 2024 Sudah Dibuka

Ilustrasi pendaftaran akun Prakerja 2024 telah dibuka.Ilustrasi pendaftaran akun Prakerja 2024 telah dibuka. (Instagram Prakerja)

Topcareer.id – Pendaftaran akun Prakerja sudah dibuka di laman prakerja.go.id. Pembuatan akun Prakerja ini penting karena menjadi salah satu syarat untuk Gabung Gelombang Prakerja.

Di akhir tahun 2023 silam, gelombang Prakerja ditutup di gelombang 62 pada bulan Oktober 2023 sehingga pembukaan gelombang 63 menjadi hal yang ditunggu oleh masyarakat di awal tahun ini.

Untuk tahun ini, Prakerja akan melanjutkan Pembukaan Gelombang dengan skema normal, yaitu besaran beasiswa yang akan diterima peserta mencapai Rp 4,2 juta per individu.

Total besaran itu terbagi menjadi biaya pelatihan sebesar Rp3,5 juta, insentif dana pasca pelatihan Rp600 ribu yang diberikan sebanyak satu kali, serta insentif survei sebesar Rp100 ribu untuk dua kali pengisian survei.

“Meskipun saat ini Gelombang 63 belum dibuka, ada baiknya masyarakat mulai membuat akun Prakerja dari sekarang. Sehingga nanti ketika pembukaan gelombang 63 dimulai, peserta tinggal menekan tombol ‘Gabung Gelombang’ pada dashboard akun Prakerja masing-masing,” kata Head Komunikasi PMO Kartu Prakerja, Lydia M Kusnadi dalam siaran pers yang diterima Topcareer.id, Jumat (5/1/2024).

Adapun pembuatan akun ini terbuka untuk segala kalangan. Caranya, yaitu :

  1. Buka situs www.prakerja.go.id.
  2. Pilih menu “Daftar” jika belum memiliki akun.
  3. Daftarkan dan isi data diri, termasuk Nomor Induk Kependudukan (NIK), Kartu Keluarga (KK), foto KTP, nomor HP aktif, dan informasi pribadi lainnya untuk diverifikasi.
  4. Jika sudah memiliki akun, pilih “Masuk” menggunakan email dan password.
  5. Selanjutnya, ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar.
  6. Jika gelombang pendaftaran telah dibuka, klik “Gabung Gelombang”.

Baca juga: Program Prakerja Bakal Lanjut Pada 2024

Sementara, beberapa syarat tambahan di antaranya :

1. WNI berusia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 64 tahun.
2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
3. Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil.
4. Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, Aparatur Sipil Negara, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD
5. Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Lydia pembukaan akun di Prakerja.go.id terbuka untuk umum tanpa memandang latar belakang pekerjaan, bahkan mahasiswa juga dapat membuat akun.

Hal ini dikarenakan, terdapat program lain di Prakerja yang bisa diikuti oleh masyarakat luas baik mereka yang sedang menempuh pendidikan formal, maupun pejabat negara, aparatur sipil dan lainnya, seperti Indonesia Skills Week (ISW), atau program Talenta.ai kolaborasi dengan Microsoft.

Syarat utama untuk ISW dan Talenta.ai ini hanya memiliki akun Prakerja. Inilah yang membuat pembuatan akun Prakerja ini penting.

“Kami berharap kita menggunakan kesempatan ini sebaik-baiknya dan memanfaatkan sarana yang diberikan pemerintah melalui Prakerja, ayo buat akun sekarang di Prakerja.go.id,” tutup Lydia.

Leave a Reply