Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Thursday, November 21, 2024
idtopcareer@gmail.com
Tren

Sejak Beroperasi, LRT Jabodebek Telah Layani 4 Juta Lebih Penumpang

Jumlah pengguna LRT Jabodebek alami peningkatan 14% sejak penambahan jumlah perjalanan dan waktu operasional.Jumlah pengguna LRT Jabodebek alami peningkatan 14% sejak penambahan jumlah perjalanan dan waktu operasional. (dok. KAI)

Topcareer.id – Sejak beroperasi resmi pada 28 Agustus 2023 lalu, LRT Jabodebek telah melayani 4.554.751 pengguna. Itu artinya, rata-rata pengguna LRT Jabodebek mencapai lebih dari 36 ribu orang per hari.

Manager Public Relations LRT Jabodebek, Mahendro Trang Bawono menjabarkan bahwa jumlah pengguna tertinggi terjadi pada bulan September 2023, yakni melayani sebanyak 1.506.191 pengguna. Sementara, rekor jumlah pengguna terbanyak dalam 1 hari terjadi pada tanggal 28 September 2023 dengan 88.051 pengguna.

Ia menambahkan, Stasiun Dukuh Atas, Stasiun Harjamukti dan Stasiun Bekasi Barat menjadi stasiun yang paling banyak melayani pengguna sepanjang tahun 2023 dengan total 1.809.692 pengguna yang dilayani.

“KAI mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat yang menggunakan LRT Jabodebek selama tahun 2023. KAI akan menjaga kepercayaan tersebut, dengan terus memaksimalkan layanan dan melakukan peningkatan di berbagai aspek pada tahun ini,” kata Mahendro dalam siaran pers, dikutip Selasa (9/1/2024).

Sementara itu, dari sisi operasional sepanjang tahun 2023, LRT Jabodebek telah mengoperasikan 22.855 perjalanan dengan rata-rata prosentase ketepatan waktu mencapai 98,90%.

Baca juga: LRT Jabodebek Masih Berlakukan Tarif Promo Dan Perjalanan Ditambah

Headway atau waktu tunggu antar kereta pun dibuat semakin singkat. Pada awal beroperasi waktu tunggu antar kereta 10 – 20 menit. Sedangkan saat ini menjadi kisaran 7,5 – 15 menit.

Mahendro lebih lanjut menyampaikan, saat ini KAI sedang fokus menjaga konsistensi dan kehandalan operasional LRT Jabodebek, sehingga dapat memenuhi harapan masyarakat akan moda transportasi yang aman, tepat waktu, serta dapat diandalkan.

Segala capaian tersebut dapat terwujud berkat kerjasama dan kolaborasi semua stakeholders. Tentunya, pada tahun 2024 ini masih terdapat ruang untuk meningkatkan serta memaksimalkan sejumlah aspek, mulai dari target rata-rata harian pengguna, jumlah perjalanan, maupun ketepatan waktu.

Pada tahun 2024, KAI menargetkan dapat melayani rata-rata 69 ribu pengguna setiap harinya. Sementara untuk jumlah perjalanan maupun ketepatan waktu, KAI menargetkan dapat mengoperasikan 240 perjalanan setiap harinya, dengan prosentase ketepatan waktu mencapai 99%.

Leave a Reply