Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, February 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Tingkatkan Skor PISA, Pemerintah Perkuat Kapasitas Guru

Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas mengatakan ada sejumlah persyaratan kompetensi untuk ASN yang pindah ke IKN.Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas mengatakan ada sejumlah persyaratan kompetensi untuk ASN yang pindah ke IKN. (dok. Kementerian PANRB)

Topcareer.id – Demi meningkatkan skor Program International Student Assesment (PISA), pemerintah bakal menerapkan pembelajaran gampang, asyik, dan menyenangkan (GASING). Selain itu juga mengembangkan dan memperkuat kapasitas profesi guru.

Mendukung hal itu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) sebagai koordinator SDM aparatur, akan menyiapkan kebijakan terkait penguatan SDM di bidang pendidikan.

“Kami menyiapkan kebijakannya, jadi tahun ini pemerintah memberi alokasi cukup besar bagi fresh graduate melalui seleksi CPNS. Kami sudah petakan peta jabatan dan lain-lain, dan kita sudah petakan yang positive growth dan zero growth. Guru ini termasuk sektor yang masih positive growth,” kata Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas, Kamis (25/1/2024).

Menteri Anas melanjutkan bahwa pengembangan kapasitas khususnya profesi guru yang ada di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan perlu diperkuat. Selain itu, permasalahan yang dihadapi adalah penyebaran guru yang tidak merata.

“Terkait dengan penyebaran jadi masalahnya bukan hanya kekurangan guru, tetapi peta penyebaran guru. Kemarin ada formasi guru di daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T), termasuk Papua, dan Nusa Tenggara Timur yang tidak terisi. Sehingga ini jadi isu yang harus diselesaikan dengan baik,” ungkap Menteri Anas.

Baca juga: Guru, Tenaga Kesehatan, Hingga Fresh Graduate, Ini Rincian Formasi CASN 2024

Menteri Anas menambahkan, jika dilihat peta penyebarannya, setelah mendapat formasi diluar Pulau Jawa, guru-guru tersebut pindah ke Pulau Jawa, atau yang berada di kabupaten/desa terpencil kemudian pindah ke kota.

Menanggapi hal tersebut, Kementerian PANRB akan menyiapkan kebijakan terkait pemberian insentif dan kenaikan pangkat bagi para guru yang mengajar di daerah 3T.

“Jadi strategi besarnya, masalahnya bukan soal penyebaran guru atau PNS, tetapi redistribusinya, oleh karena itu kebijakan atas arahan Pak Presiden di Peraturan Pemerintah yang baru, kita akan berikan insentif khusus bagi mereka yang mengajar di 3T, termasuk kecepatan kenaikan pangkat,” ujar Anas.

Sebagai informasi, metode GASING yang diperkenalkan oleh Prof. Yohanes Surya merupakan suatu metode pembelajaran langkah demi langkah yang membuat anak menguasai materi secara gampang, asik, dan menyenangkan.

Dalam implementasinya, anak-anak diajak bermain dan bereksplorasi dengan alat peraga sehingga konsep yang disampaikan dapat dirasa dan dibayangkan. Salah satu ciri khas lain dari metode GASING adalah anak-anak dapat melakukan perhitungan di luar kepala (mencongak) dengan cepat.

Leave a Reply