Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, March 4, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips KarierTren

Perekrut Screening Resume Cuma 3-5 Detik, Poin Apa yang Dilihat?

Ilustrasi perekrut melakukan screening resume hanya 3-5 detik.Ilustrasi perekrut melakukan screening resume hanya 3-5 detik. (Pexels)

Topcareer.id – Para perekrut hanya menghabiskan tiga hingga lima detik untuk screening setiap resume kandidat yang masuk. Saat itu juga, perekrut harus bisa menilai kandidat mana saja yang akan lanjut tahap berikutnya. Kira-kira poin apa saja yang dilihat perekrut dalam 3-5 detik itu?

“Untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dalam waktu singkat, perekrut menjadi ‘pemindai kata kunci utama,’ memusatkan perhatian pada elemen resumemu yang membuktikan apakah kamu harus melanjutkan proses wawancara atau tidak,” kata mantan perekrut Disney dan penulis buku kepemimpinan, Simon Taylor, mengutip CNBC Make It.

Poin-poin ini yang mereka lihat pada resume dalam 3-5 detik.

1. ‘Pekerjaan saat ini’

Taylor mengatakan hal pertama yang dilihat perekrut adalah jabatanmu. Sementara, secara khusus mereka melihat “jabatan saat ini.”

Mereka akan membandingkan untuk melihat seberapa miripnya jabatan tersebut dengan jabatan yang ingin mereka isi. Hal ini akan memberi mereka gambaran tentang kesamaan antara apa yang kamu lakukan sekarang dan apa yang dapat kamu lakukan dalam pekerjaan di perusahaan mereka.

Semakin dekat perannya, semakin mulus transisinya dan semakin banyak keterampilan relevan yang dapat kamu bawa. “Jika saat ini kamu tidak bekerja, manajer perekrutan akan melihat jabatan terbarumu,” kata Taylor.

2. Pengalaman kerja di ‘perusahaan yang memiliki reputasi baik’

Setelah melihat jabatanmu, perekrut akan screening resume dari poin nama perusahaan tempatmu bekerja. Apakah perusahaanmu merupakan perusahaan dengan reputasi baik?

Baca juga: Begini Cara Pangkas Resume Yang Kepanjangan

“Mungkin ini adalah perusahaan Fortune 500 dan mereka benar-benar mencari kandidat yang berasal dari perusahaan bereputasi baik yang memiliki ukuran atau cakupan serupa. Atau itu adalah sebuah startup dan mereka ingin melihat apakah kamu pernah memiliki mentalitas seperti itu,” ujar dia.

Intinya, perusahaanmu sebelumnya akan memberikan gambaran tentang budaya kerja yang biasa kamu gunakan dan dapat kamu transisikan di masa depan.

3. ‘Ringkasan resume’

Seorang kandidat dapat menyertakan ringkasan seperti beberapa poin di bagian paling atas resume mereka yang merangkum enam keterampilan atau jenis pengalaman terbaik yang mereka miliki. Ini tidak wajib dan tidak semua orang menyertakannya, tetapi perekrut mungkin juga akan memindainya.

Namun, Taylor mengatakan bahwa semua itu “tidak selalu hitam putih.” Ada kalanya, jika kandidat memiliki jabatan yang relevan tapi perekrut belum pernah mendengar tentang perusahaan terbaru kandidat, perekrut mungkin akan mulai membaca lebih jauh, untuk melihat apa yang telah dicapai.

Namun, gambaran besarnya, jabatan, perusahaan tempat bekerja, dan ringkasan resume adalah tiga komponen yang dilihat perekrut dalam tiga hingga lima detik yang mereka berikan kepadamu.

Leave a Reply