Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, February 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Sudah di Level Financial Freedom? Coba Kenali Dulu 7 Tingkatannya

Ilustrasi level-level dalam kebebasan finansial atau financial freedom.Ilustrasi level-level dalam kebebasan finansial atau financial freedom. (Pexels)

Topcareer.id – Mencapai kemapanan dalam kondisi keuangan atau financial freedom sepertinya sering menjadi target hidup banyak orang. Sebelum mencapai tingkat kebebasan finansial itu, biasanya akan melewati beberapa tingkatan sebelumnya.

Grant Sabatier adalah seorang entrepreneur, podcaster, dan juga penulis yang terkenal dengan teorinya tentang financial freedom berbagi pandangan soal tingkatan financial freedom.

Dalam bukunya “Financial Freedom,” serta dalam Kursus Kebebasan Finansial, Sabatier menawarkan roadmap menuju kemapanan keuangan yang mencakup tujuh tingkat kebebasan finansial. Berikut 7 tingkat kebebasan finansial menurut Sabatier, melansir CNBC Make It:

Tingkat 1: Clarity

Langkah pertama adalah memeriksa situasi keuanganmu — berapa banyak uang yang kamu miliki, berapa banyak utangmu, dan apa tujuanmu. “Kamu tidak dapat mencapai tujuan yang kamu inginkan tanpa mengetahui dari mana kamu memulai,” kata Sabatier.

Level 2: Kemandirian

Selanjutnya, kamu ingin berdiri di atas kedua kakimu sendiri, secara finansial. Ini berarti penghasilan yang cukup untuk menutupi pengeluaranmu tanpa bantuan dari luar, seperti kontribusi dari orangtua.

Pada tingkat ini, Sabatier mencatat, kamu mungkin hidup dari gaji ke gaji atau mengambil pinjaman untuk memenuhi kebutuhan.

Level 3: Breathing room

Orang-orang di Level 3 memiliki sisa uang setelah biaya hidup yang dapat mereka gunakan untuk mencapai tujuan seperti membangun dana darurat dan berinvestasi untuk masa pensiun.

“Hanya karena kamu menghasilkan banyak uang tidak berarti kamu benar-benar menghemat uang itu. Kebanyakan orang di negara ini hidup dari utang,” kata Sabatier.

Tingkat 4: Stabilitas

Mereka yang mencapai Level 4 telah membayar utang dengan suku bunga tinggi, seperti utang kartu kredit, dan telah menyimpan biaya hidup selama enam bulan dalam dana darurat. Membangun tabungan darurat membantu memastikan bahwa keuanganmu tidak akan terlempar keluar jalur oleh keadaan tak terduga.

Baca juga: 4 Penyakit Yang Mengancam Jika Berlebihan Khawatir Soal Keuangan

“Pada level ini, kamu tidak khawatir jika kamu kehilangan pekerjaan atau harus pindah ke kota lain,” kata Sabatier.

Tingkat 5: Fleksibilitas

Orang-orang di Level 5 memiliki penghematan biaya hidup setidaknya dua tahun. Dengan tabungan semacam itu, Sabatier menyarankan untuk memiliki kemampuan memikirkan tentang uang sesuai dengan waktu yang dapat dibeli: “Kamu bisa mengambil cuti satu tahun dari pekerjaanmu jika kamu mau.”

Kamu tidak perlu membawa semua uang ini secara tunai, catatan Sabatier: Ini bisa berupa jumlah total dari rekening tabungan dan investasi.

Level 6: Kemandirian Finansial

Orang-orang yang telah mencapai kemandirian finansial dapat hidup hanya dari pendapatan yang dihasilkan dari investasi mereka, menurut kerangka kerja Sabatier.

“Kamu memiliki banyak uang dalam portofolio investasi yang menghasilkan bunga, atau kamu memiliki properti sewaan, dan arus kas dari sewa menutupi biaya hidupmu, atau gabungan dari keduanya,” kata Sabatier.

Untuk sampai di sini, kamu harus menginvestasikan persentase yang tinggi dari pendapatanmu, yang mungkin mengharuskanmu untuk beralih ke gaya hidup yang lebih sederhana.

Level 7: Kekayaan Berlimpah

Orang-orang yang mandiri secara finansial yang hidup dari pendapatan portofolio mereka bergantung pada “aturan 4%” — aturan praktis pensiun yang menyatakan bahwa investor dapat dengan aman menarik 4%, disesuaikan dengan inflasi, dari portofolio saham dan obligasi yang seimbang setiap tahun, dan relatif yakin bahwa uang akan terus bertambah dan tidak akan habis.

Sementara mereka yang berada di Level 6 perlu memantau perubahan dalam portofolio mereka untuk memastikan masa pensiun mereka masih berjalan sesuai rencana, mereka yang berada di Level 7 tidak perlu khawatir.

Leave a Reply